10 Film Crime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Tonton

10 Film Crime Terbaik Sepanjang Masa

Crime
merupakan genre yang cukup menarik saat dituangkan dalam sebuah film. Dalam genre ini, kalian bisa mendapatkan berbagai sudut pandang baru mengenai berbagai kejahatan manusia yang jarang kalian temukan di dunia nyata.

Plot cerita yang susah ditebak, ditambah dengan intensnya konflik yang tersaji membuat film ber-genre crime cukup banyak digemari oleh penonton.

Dari banyaknya film ber-genre crime yang sudah rilis, berikut telah saya rangkum 10 Film Crime Terbaik Sepanjang Masa. Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasannya.


10 FILM CRIME TERBAIK SEPANJANG MASA

1. The Shawsank Redemption

The Shawsank Redemption

Shawsank Redemption
menceritakan kisah tentang seorang pria bernama Andy Dufresne yang dituduh membunuh istri dan selingkuhannya dengan menggunakan sebuah pistol. Meskipun Andy telah mengaku tidak bersalah, namun karena kurangnya barang bukti dia akhirnya tetap dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara "Shawsank".

Selama menjalani masa tahanannya, Andy menggunakan kepintarannya sebagai seorang mantan pegawai bank untuk mendapatkan teman dan mengubah nasibnya di Shawsank.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption yang dirilis pada 1982 oleh Stephen King. Film ber-genre drama kejahatan ini sangat saya rekomendasikan buat kalian tonton, karena dalam film ini kalian akan mendapatkan banyak sekali nilai berharga yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan nyata.


2. Catch me if you can

Catch me if you can

Catch Me If You Can
adalah film kriminal biografi Amerika yang disutradarai dan diproduksi oleh Steven Spielberg. Film yang rilis tahun 2002 silam ini mendapatkan banyak sekali respon positif berkat alur ceritanya yang tidak mudah ditebak serta penokohan karakternya yang berhasil ditampilkan dengan sangat memukau.

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Frank Abagnale Junior yang gemar melakukan perampokan bank dengan berpura - pura sebagai pilot, dokter, dan pengacara.

Dari berbagai profesi yang berhasil dilakukannya tersebut, Frank mampu mendapatkan uang hingga puluhan juta dollar yang dia gunakan untuk berfoya - foya.

Namun sayangnya, aksi Frank tersebut pada akhirnya menarik perhatian agen FBI Crank Harraty yang kemudian ditugaskan untuk menangkapnya.


3. House of Gucci

House of Gucci

House of Gucci
merupakan film drama kriminal yang diadaptasi dari sebuah diadaptasi dari buku berjudul The House of Gucci: A Sensational Story of Murder, Madness, Glamour, and Greed karya Sara Gay Forden.

Film yang rilis tahun 2021 lalu ini mengisahkan tentang Patrizia Reggiani (Lady Gaga), seorang wanita biasa yang memiliki ambisi besar setelah menikah dengan Maurizio Gucci (Adam Driver) yang merupakan seorang penerus dari perusahaan "Gucci" yang terkenal.

Di film ini, Lady Gaga berhasil membuktikan kualitas aktingnya yang memukau. Jarang - jarang kan ngelihat diva dunia bisa akting bagus juga di dalam film.

Plot cerita yang ditampilkan juga sama bagusnya. Meskipun alurnya tergolong lambat, beragam fase kehidupan yang dialami oleh Maurizio dan Patrizia benar - benar ditampilkan dengan porsi yang pas, mulai dari awal karir sampai nanti di puncak konfliknya semuanya sempurna, kaya nggak berasa aja tiba - tiba filmnya kelar gitu aja.

House of Gucci ini merupakan film rekomendasi yang bagus buat kalian yang kepo tentang perkembangan brand "Gucci" sebelum sukses seperti sekarang.


4. Knives Out

Knives Out

Mau film kriminal yang ada unsur detektif di dalamnya? Saya saranin kalian buat nonton film yang satu ini.

Knives Out merupakan film crime yang disutradarai oleh Rian Johnson. Film ini dibintangi oleh banyak artis terkenal, sebut saja seperti Ana De Armas, Chris Evans, Daniel Craig, Jamie Lee Curtis, Jaeden Martell, semuanya merupakan nama yang sudah membintangi banyak film ternama.

Berlatar di sebuah keluarga kaya raya, Knives Out menceritakan tentang kematian Harlan Thrombey (Christopher Plummer) yang merupakan seorang penulis novel misteri kaya raya. Harlan ditemukan mati secara misterius di kamar tidurnya. Semua anggota keluarganya pun berkumpul dan dijadikan tersangka atas kematian tersebut.

Film ini berhasil menyuguhkan genre misteri dengan sangat sempurna, karena kalian sebagai penonton tidak akan bisa menebak siapa pelaku sebenarnya dibalik kasus kematian tersebut.

Misterinya yang diungkap secara perlahan akan membuat kalian terus terpaku ke layar, kayak penasaran aja gitu ending-nya nanti bakalan kayak gimana.

Buat kalian yang suka sama hal - hal berbau detektif, film ini sangat layak buat kalian tonton.


5. No Man of God

No Man of God

Pernahkah kalian dengar nama Ted Bundy? Dia adalah pembunuh berantai paling terkenal di Amerika setelah berhasil membunuh puluhan korban jiwa, setidaknya itu yang tercatat secara resmi, untuk angka sebenarnya hanya Ted Bundy dan Tuhan yang tahu.

Sebelum dijatuhi hukuman mati, pihak FBI melakukan wawancara secara berkala dengan Ted Bundy. Tujuannya tidak lain yaitu membedah kondisi psikis serta cara pikir dari Ted Bundy supaya para agen FBI dapat lebih cepat menangkap pelaku pembunuh berantai lainnya.

Rekaman dari hasil wawancara itulah yang menjadi inti plot cerita dari film ini. No Man of God sepenuhnya menceritakan kisah hidup Ted Bundy selama melakukan wawancara dengan agen FBI yang bernama Bill Hagmaier.

Dengan alur ceritanya yang dibuat lambat, kalian akan melihat bagaimana sendiri bagaimana kondisi psikis dari seorang serial killer. No Man of God ini menjadi salah satu film yang sangat saya suka berkat adanya banyak sekali makna yang bisa dipetik dari film ini.


6. Nightmare Alley

Nightmare Alley

Nightmare Alley
bercerita tentang Stan Carlisle yang merupakan seorang ilusionis. Dengan kemahirannya tersebut, dia berhasil menggaet orang - orang kaya untuk menipu mereka.

Film ini mengambil latar di awal tahun 90-an, masa di mana karnaval dan sirkus masih berjaya. Keindahan karnaval tersebut berhasil digambarkan dengan indah oleh Guillermo del Toro dalam filmnya ini.

Plot ceritanya yang menarik, ditambah dengan banyaknya amanat yang bisa dipetik dari film ini membuat Nightmare Alley menjadi salah satu film crime yang wajib banget buat kalian tonton.


7. The Godfather

The Godfather

Buat kalian penyuka film bertemakan mafia, The Godfather merupakan salah satu rekomendasi dari saya yang tidak boleh kalian lewatkan.

The Godfather mengisahkan tentang pemimpin keluarga mafia bernama Don Vito Corleone yang akan mewariskan tahtanya kepada anak - anaknya. Namun, di tengah usahanya tersebut, terdapat kelompok mafia lain yang berusaha membunuh anaknya untuk melakukan balas dendam. Akankah Don Vito Corleone yang dijuluki The Godfather mampu mengalahkan musuhnya sekaligus menyelamatkan anak - anaknya dari semua ancaman itu? Simak kisah lengkapnya dengan melihat sendiri keseluruhan filmnya.

Film ini mendapatkan banyak sekali pujian dan penghargaan. Saking bagusnya, ceritanya kemudian diadaptasi ke dalam sebuah video game dengan judul sama yang dirilis pada tahun 2006 silam.

Baik itu film ataupun game-nya, menurut saya keduanya sama - sama bagus. Gak ada duanya deh.


8. Joker

Joker

Siapa sih yang tidak kenal dengan Joker? Karakter villain yang menjadi musuh utama Batman ini memang sudah berulang kali muncul di layar lebar, meskipun mayoritas hanya tampil sebagai cameo dan karakter pendukung doang.

Baru di tahun 2019 lalu akhirnya Joker mendapatkan film perdananya yang diperankan oleh Joaquin Phoenix. Berkat aktingnya yang ciamik, Joker mendapatkan banyak sekali pujian dari para kritikus.

Plot ceritanya yang solid ditambah dengan kelamnya nuansa yang diberikan membuat Joker menjadi salah satu film super villain yang paling sukses di masanya.

Joker ini sangat cocok ditonton buat kalian yang suka sama film bertema superhero dengan nuansa yang dark.


9. The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs
merupakan film thriller crime rilisan tahun 1991 yang disutradarai oleh Jonathan Demme. Film ini menceritakan tentang wawancara seorang anggota FBI bernama Clarice Starling terhadap Dr. Hannibal Lecter yang dikenal sebagai pembunuh berantai paling kejam di masa itu.

Melalui wawancara tersebut, Dr. Hannibal Lecter dipaksa untuk menguak motif dan menangkap pembunuh berantai lain yang dikenal dengan nama Buffalo Bill. Dia adalah pembunuh berantai yang gemar menculik dan menguliti perempuan.

Film ini berhasil memenangkan banyak sekali penghargaan berkat kesuksesannya. Saya sendiri sangat suka dengan akting Anthony Hopkins yang berperan sebagai Dr. Hannibal Lecter, sebab di film ini dia terlihat sangat menyeramkan meskipun telah terkurung dalam penjara yang memiliki keamanan maksimal.

Aura jahatnya seolah tidak bisa dihilangkan begitu saja. Kalian nanti juga bakalan disuguhin dengan aksi kejam dari Dr. Hannibal Lecter waktu berusaha lepas dari penjara.


10. A Clockwork Orange

A Clockwork Orange

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu tentang film ini mengingat tahun rilisnya yang sudah terbilang sangat lama, yaitu di tahun 1971 silam. 

Film karya sutradara Stanley Kubrick ini sangat kontroversial di masa perilisannya. Pasalnya, A Clockworld Orange menampilkan banyak sekali adegan kekerasan yang dinilai melebihi batas di masanya.

Bahkan, film ini sampai dilarang tayang di beberapa negara akibat dari banyaknya adegan kekerasan yang ditampilkannya.

Film ini mengisahkan tentang seorang remaja nakal bernama Alex Delarge beserta komplotannya yang dikenal dengan Droogs. Mereka merupakan kelompok remaja kriminal yang paling berbahaya, sebab saat beraksi mereka tidak segan - segan merampok, melukai, bahkan memperkosa para korbannya.

Semua kejahatan tersebut dipelopori oleh Alex yang merupakan ketua dari Droogs. Namun, pada suatu ketika dia dikhianati oleh rekannya sendiri hingga membuatnya harus dipenjara. Selama menjalani masa kurungannya itu, Alex diberi tawaran pengurangan hukuman apabila dia bersedia untuk mengikuti pengobatan khusus untuk merubahnya menjadi orang yang lebih baik.

***

Itulah 10 film kriminal yang bisa menjadi list tontonan kalian di akhir pekan. Kira - kira, dari 10 film diatas adakah film yang menjadi favorit kalian?

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini merupakan hasil dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan, silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar film ataupun serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form