Review Scream VI (2023), Sekuel yang Lebih Kejam dan Memuaskan

Review Scream VI

Sejak mendapatkan reboot di tahun 2022 kemarin, franchise besar Scream akhirnya kembali bertambah lagi dengan merilis sekuel yang kali ini diberi judul Scream VI.

Meskipun film ini merupakan sekuel dari Scream yang dirilis pada tahun 2022, alur ceritanya ternyata memiliki hubungan dengan keseluruhan franchise Scream yang telah ada sebelumnya. Mungkin gara - gara itu akhirnya judulnya pake "VI" yang kalo ditotal memang film ini merupakan bagian keenam dari keseluruhan franchise besarnya.

Cerita dari Scream VI ini masih melanjutkan film sebelumnya, keempat orang yang selamat dari pembantaian berdarah di kota Woodsboro akhirnya pindah ke New York untuk menjalani kehidupan mereka yang baru selayaknya orang normal lainnya.

Akan tetapi, kedatangan mereka ke New York tersebut ternyata kembali memunculkan Ghostface yang baru. Akankah mereka kembali selamat dari teror Ghostface yang mengancam mereka sekarang? Simak jawabannya dengan melihat filmnya secara utuh.

Keseluruhan plot dari film ini sebenarnya tak jauh beda dari kebanyakan film Scream lainnya, teror dari Ghostface yang muncul masih sama, bedanya di film ini kalian akan diperlihatkan berbagai macam topeng Ghostface milik pelaku pembunuhan yang pernah muncul dalam kelima seri Scream sebelumnya. 

Jadi, buat kalian yang udah nonton keseluruhan frachise-nya, kalian pasti akan lebih relate saat nonton, karena nanti di sepanjang film bakalan ditampilin topeng Ghostface dari kelima film yang pasti udah pernah kalian lihat.

Seperti biasa, ramuan yang menjadi formula utama bagi film Scream masih tetap ada. Kalian tidak akan bisa menebak dengan mudah siapa dalang sebenarnya yang menjadi Ghostface di film ini. Untuk itulah, bakal ada plot twist yang mengejutkan saat momen pengungkapan identitas Ghostface di fase akhir film. Yaa walaupun konsepnya masih sama tapi inovasinya cukup menarik sih. Nggak nyangka aja kalo Ghostface-nya kayak gitu.

Alurnya sendiri juga sudah mulai tidak tertebak, karakter legacy yang selalu muncul di film sebelumnya sudah tidak memiliki jaminan lagi untuk hidup. Malah, karakter legacy itulah yang akan menjadi sasaran empuk bagi Ghostface, sebab mereka sudah menganggap bahwa hidup mereka telah aman, padahal tidak.

Sebenarnya film ini bisa menjadi lebih baik kalau logika yang ditampilkan tidak ngasal. Masak ada orang yang udah kena tusuk pisau berkali - kali tapi ntar di ending masih bisa ngelawan balik, kayak nggak kena apa - apa gitu. Dan itu nggak hanya sekali lho, berulang - ulang, emang sih tujuannya biar genre slasher-nya lebih kelihatan fun, tapi dampaknya ini film logikanya mulai ilang.

Sangat disayangkan aja gitu, padahal jika dilihat secara keseluruhan Scream VI ini punya potensi yang besar untuk menjadi film Scream terbaik dari franchise besarnya. Saya sendiri juga suka dengan alurnya yang terlihat lebih fresh ketimbang film Scream lainnya.

Untuk kualitas akting nggak usah dipertanyain lagi, akting dari Melissa Barrera sebagai Sam dan Jenna Ortega sebagai Tara memang sudah cukup mumpuni untuk membuat film ini tampil dengan lebih memuaskan. 

Oiya, ada juga karakter tambahan dari Scream IV yang kembali muncul di seri ini. Yap, dia adalah Kirby Reed yang kembali diperankan oleh Hayden Panettiere. Dengan kemunculannya kembali di film ini menandakan bahwa dulu di Scream IV Kirby berhasil bertahan hidup dari tusukan pisau Ghostface di perutnya.

Adanya karakter baru, Ghostface yang baru, tempat yang baru, rasanya franchise ini sudah mulai berevolusi ke tingkat yang lebih baik. Kalau masih mau dilanjutin lagi sih saran saya di film berikutnya tolong logikanya lebih dipakai aja, yang lebih realistis lah biar yang nonton juga lebih puas.


SCORE

6/10

Meskipun sekarang sudah masuk seri yang keenam, saya rasa belum ada satu pun teror Ghostface yang mampu menandingi versi originalnya. Meskipun begitu, harus diakui kalau di seri yang keenam ini Scream mulai melakukan inovasi yang cukup berhasil.

"It's not a perfect movie, but it's enjoyable to watch" Begitulah kira - kira pendapat saya untuk menggambarkan keseluruhan dari Scream VI ini. Buat kalian pecinta horor slasher sih ini film masih recommended banget buat kalian tonton.


TRAILER


Itu saja review dari saya kali ini mengenai film Scream VI. Buat kalian yang sudah nonton, bagaimana nih pendapat kalian, apakah Scream VI ini lebih baik ketimbang lima seri Scream sebelumnya? Tulis pendapat kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan review menarik seputar film ataupun serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form