10 Film Zombie Terbaik yang Tidak Boleh Kalian Lewatkan

List 10 Film Zombie Terbaik

Zombie
merupakan tema yang sudah sering digunakan dalam sebuah film ataupun video game. Penggambaran mayat hidup yang haus darah memang menjadi topik menarik untuk ditampilkan di layar lebar. Atmosfernya yang mencekam, didukung dengan alur ceritanya yang tidak mudah ditebak menjadi salah satu faktor utama mengapa film zombie digemari oleh banyak orang.

Dari banyaknya film zombie yang telah dirilis, berikut telah saya rangkum 10 Film Zombie Terbaik yang dapat menjadi list tontonan kalian di akhir pekan.

Tanpa berbasa basi lagi, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasannya.


10 FILM ZOMBIE TERBAIK

1. World War Z

World War Z

Jika bicara tentang film bertemakan zombie, maka World War Z inilah jawaban yang paling memuaskan. Film karya Marc Forster ini menceritakan tentang Garry Lane (Brad Pitt) yang berusaha untuk menemukan vaksin dari virus zombie yang telah menghancurkan umat manusia.

World War Z ini memiliki alur cerita sangat intens yang membuat kalian tidak akan bisa memalingkan pandangan dari layar sedikitpun. Banyaknya scene action yang ditampilkan didukung dengan bagusnya akting dari Brad Pitt membuat film ini sangat sayang untuk dilewatkan.

World War Z setidaknya telah mendapatkan 3 penghargaan dan 25 nominasi, mulai dari Best Actor, Best Action Film, dan 2014 Nomine People's Choice Award.


2. Night of the Living Dead

Night of the Living Dead

Tidak lengkap rasanya jika tidak menampilkan leluhur aslinya dari film zombie dalam list film kali ini. Yap, film yang bertajuk Night of the Living Dead ini merupakan salah satu film pelopor yang memperkenalkan zombie ke layar lebar.

Film yang rilis di tahun 1968 ini menceritakan tentang sekelompok manusia yang berusaha bertahan hidup dalam sebuah rumah ketika wabah zombie mulai merebak. 

Berbagai cara harus mereka lakukan untuk mencegah zombie masuk ke dalam rumah, mulai dari memaku pintu dan jendela, membakar perabotan agar zombie tidak mendekat, hingga membunuh setiap zombie yang mendekat menggunakan berbagai senjata yang ada.

Seperti judulnya, seluruh alur cerita dari film ini hanya akan terjadi dalam satu malam saja. Oleh karena itulah, teror yang disajikan terasa mencekam di setiap detiknya, sebab kalian sebagai penonton tidak akan tahu pasti kapan zombie akan menyerang.

Atmosfer filmnya yang kelam sejak awal membuat Night of the Living Dead memiliki unsur horor yang cukup seram. Terlebih lagi, dengan berbagai konflik yang hadir entah itu dengan zombie atau antar karakter membuat alur cerita dari film ini tidak mudah untuk ditebak.


3. #Alive

#Alive

Berlatarkan di sebuah apartemen, #Alive akan menyajikan teror zombie yang lebih realistis kepada kalian. Film ini menceritakan tentang Oh Joon - woo, seorang pemuda introvert yang harus berusaha bertahan hidup saat wabah zombie mulai melanda.

Dengan persediaan makanan di rumahnya yang sangat minim, mau tidak mau Oh Joon - woo harus mencari cara lain dengan menyusuri lorong untuk mendapatkan makanan.

Sejak awal hingga akhir, #Alive tak henti - hentinya memberikan teror yang mencekam. Terlebih lagi, zombie dalam film ini dibuat sangat agresif, mereka bisa berlari bahkan memanjat dengan seutas tali.


4. Cargo

Cargo

Bosan dengan konsep film zombie yang begitu - begitu saja? Cobalah untuk nonton film yang satu ini.

Cargo merupakan film karya sutradara Yolanda Ramke dan Ben Rowling yang rilis di tahun 2017 lalu. Berbeda dengan kebanyakan film zombie lainnya dimana karakter utamanya berfokus untuk bertahan hidup dari serangan zombie, dalam film Cargo ini karakter utamanya malah sudah terinfeksi duluan sejak awal film.

Ceritanya sendiri berpusat pada Andy (Martin Freeman) yang harus secepatnya mencari tempat perlindungan paling aman bagi anaknya setelah dia tergigit zombie.

Di setiap menitnya kalian akan merasakan bagaimana menegangkannya kalau Andy tiba - tiba berubah menjadi zombie sebelum menemukan tempat yang aman bagi anaknya.

Tidak seperti film zombie kebanyakan yang berlatar di perkotaan padat penduduk, Cargo mengambil latar padang rumput di daerah Australia yang indah. Film ini juga lebih memfokuskan di genre dramanya, pokoknya semuanya tentang bagaimana cara si ayah menemukan tempat yang aman bagi anaknya sebelum dia berubah menjadi zombie.

Meskipun alurnya lambat, Cargo menjadi salah satu film zombie favorit saya berkat ending-nya yang memuaskan.


5. Train to Busan

Train to Busan

Kalian pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar judulnya. Yap, film zombie paling terkenal dari negara Korea Selatan ini memang sudah cukup familiar dan sudah sering dijadikan sebagai rekomendasi.

Train to Busan mengisahkan tentang Seok-Woo yang terpaksa harus bertahan hidup di tengah wabah zombie saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api yang menuju ke kota Busan.

Sejak awal film, Train to Busan memang sudah menyajikan atmosfer yang sangat menegangkan bagi para penontonnya. Didukung dengan akting yang memukau dari para aktornya membuat film ini terasa susah untuk dilupakan.

Film ini juga telah memiliki sekuel yang rilis pada tahun 2020. Baik itu sekuel atau film pertamanya, keduanya menurut saya sama - sama bagus, walaupun kalo dilihat dari segi cerita bagi saya lebih ngena di film pertamanya sih.


6. Shaun of the Dead

Shaun of the Dead

Mau film zombie yang punya unsur komedi di dalamnya? Film Shaun of the Dead inilah jawabannya.

Film karya sutradara Edgar Wright yang rilis di tahun 2004 ini menceritakan tentang Shaun (Simon Pegg), seorang pria biasa yang tidak memiliki tujuan hidup yang secara mendadak harus menghadapi kawanan mayat hidup ketika mabah zombie melanda. Berbekal dengan peralatan seadanya, kalian akan melihat sendiri bagaimana tingkah kocak dari Shaun ketika menumbangkan para zombie.

Meskipun sudah tergolong sebagai film lawas, bagi saya komedinya masih cocok kok buat ditonton di jaman sekarang. Dua jempol pokoknya buat Simon Pegg yang berhasil meranin karakter Shaun dengan sangat memukau. 


7. Dawn of the Dead

Dawn of the Dead

Dawn of the Dead
merupakan film karya sutradara Zack Snyder yang rilis pada tahun 2004 silam. Film ini menceritakan tentang sekelompok orang yang berusaha bertahan hidup di sebuah pusat perbelanjaan Midwestern ketika wabah zombie melanda.

Meskipun latarnya hanya berpusat di tempat perbelanjaan saja, namun jangan salah karena di sepanjang filmnya nanti akan ada banyak sekali peristiwa tak terduga yang akan membuat kalian deg-deg an.

Dawn of the Dead ini merupakan salah satu film zombie paling sukses di masanya dengan banyak mendapatkan review positif dari para kritikus.


8. I am Legend

I am Legend

Berlatarkan di kota New York yang telah menjadi kota mati, I am Legend mengisahkan tentang seorang dokter bernama Dr. Robert Neville yang berjuang seorang diri untuk menemukan obat penyembuh dari wabah zombie yang mematikan.

Penggambaran zombie dalam film ini pun sedikit berbeda, mereka hanya akan keluar saat malam hari dan memiliki kecerdasan untuk dapat melakukan serangan secara terorganisir.

Plot ceritanya yang menarik, didukung dengan akting yang bagus dari Will Smith sebagai Dr. Robert Neville membuat film ini sangat layak buat kalian tonton.


9. The Crazies

The Crazies

David Ogden Dutten merupakan seorang kepala sherif di kota kecil bernama Ogden Marsh. Kota tersebut menjadi gambaran sempurna kota Amerika dengan warga yang hidup bahagia dan patuh kepada hukum. 

Namun pada suatu hari, salah satu warga tiba - tiba datang ke sebuah pertandingan bisbol menggunakan senjata api, siap untuk membunuh semua orang yang ada. Sementara itu, seorang warga lain dengan sengaja membakar rumahnya sendiri setelah mengunci anak dan istrinya di dalam lemari.

Kota kecil yang sebelumnya penuh dengan kedamaian kini berubah drastis menjadi sebuah medan perang yang penuh dengan orang - orang gila di dalamnya. Sebenarnya, apa penyebab warga kota Ogden Marsh menjadi gila? Jawabannya bisa kalian temukan dalam film ini.

The Crazies memang tidak seperti mayoritas film zombie lainnya. Dalam film ini warga yang terjangkit virus masih dapat berbicara dengan normal, hanya saja perilakunya sudah tidak masuk akal. Mereka dengan gampangnya melakukan tindakan kriminal seolah tidak ada hukum yang mengaturnya. 

Dengan banyaknya adegan kekerasan yang ada di film ini, The Crazies menjadi salah satu rekomendasi film yang bagus buat kalian pecinta genre thriller.


10. Army of the Dead

Army of the Dead

Army of the Dead
merupakan film zombie karya sutradara Zack Snyder yang rilis di tahun 2021 silam. Film ini menceritakan tentang Scott Ward (Dave Bautista) yang harus masuk ke dalam wilayah zombie untuk melakukan pencurian besar - besaran. Dibantu oleh timnya, Scott harus mengambil uang sebanyak - banyaknya di sebuah banker bank sambil bertahan hidup dari kejaran Alpha Zombie yang mematikan.

Army of the Dead menyajikan teror zombie yang sangat mendebarkan, sebab dalam film ini Alpha Zombie memiliki kecerdasan dan kekuatan yang setara dengan manusia. Dengan durasi filmnya yang cukup lama (2,5 jam), kalian akan ikut merasakan ngerinya rasanya menjadi Scott saat melakukan misi pencuriannya tersebut.

Tak hanya menampilkan adegan action yang gahar, film ini juga memiliki unsur komedi yang menurut saya memiliki porsi yang pas. Penonton seakan dibuat menikmati setiap alur yang ditampilkan, nggak terasa aja gitu tiba - tiba udah kelar filmnya.

Army of the Dead memiliki spin off berjudul Army of Thieves yang juga dirilis di tahun 2021.

***

Itulah 10 film zombie terbaik yang bisa menjadi list tontonan kalian di akhir pekan. Kira - kira, dari 10 film diatas, adakah film yang menjadi favorit kalian?

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini sepenuhnya berasal dari pendapat saya pribadi sebagai penulis. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan, silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi film dan serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form