10 Film Alien Terbaik yang Jarang Diketahui Banyak Orang

List 10 Film Alien yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Apa sih yang kalian bayangkan jika mendengar kata alien? Makhluk asing yang asalnya dari luar angkasa tersebut memang sudah menjadi topik perbincangan menarik dalam sejarah umat manusia.

Meskipun sampai sekarang masih belum ditemukan bukti yang kuat mengenai keberadaan alien, namun eksistensinya berhasil membuat banyak orang tertarik untuk membicarakannya.

Begitu menariknya topik mengenai alien hingga ada banyak sekali sutradara yang mencoba untuk mendokumentasikannya ke dalam bentuk film. 

Nah, dari banyaknya film tentang alien diluar sana, berikut telah saya rangkum 10 film alien terbaik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja masuk ke dalam pembahasannya.


10 FILM ALIEN TERBAIK YANG JARANG DIKETAHUI OLEH BANYAK ORANG

1. Arrival

Arrival

List kali ini dibuka dengan film Arrival yang rilis di tahun 2016 lalu. Film ini mengisahkan tentang ahli bahasa bernama Dr. Louise Banks (Amy Adams) dan Ian Donnelly (Jeremy Renner) dalam usaha mereka menguraikan bahasa dari alien yang sedang mengunjungi bumi. Mereka berdua harus secepat mungkin bisa mengartikan kata demi kata dari ucapan para alien tersebut, sebab jika mereka gagal pemerintah di seluruh dunia akan langsung mengambil jalur perang sebagai alternatif terakhir.

Film ini mengambil sudut pandang yang cukup menarik, karena di sepanjang durasinya kalian tidak akan mendapatkan adegan baku tembak seperti dalam mayoritas film alien lainnya. Malah sebaliknya, di film ini kalian akan melihat bagaimana indahnya sebuah interaksi yang coba dilakukan oleh umat manusia saat bertemu dengan makhluk asing yang jauh di luar pemikiran mereka.

Meski terdengar seperti sebuah film sci-fi yang berat, faktanya Arrival memiliki plot cerita yang mudah buat kalian pahami, nggak bakal mikir keras deh waktu nonton.


2. Prometheus

Prometheus

Prometheus
merupakan film horor sci-fi karya sutradara Ridley Scott yang rilis di tahun 2012 silam. Film ini mengisahkan tentang sebuah pesawat luar angkasa bernama Prometheus yang ditugaskan untuk mencari planet layak huni guna meneruskan kelangsungan hidup umat manusia setelah habisnya seluruh sumber daya yang ada di bumi.

Setting waktunya yang berada jauh di masa depan membuat nuansa sci-fi dari film ini terasa sangat kental. Terlebih lagi, dengan adanya robot android yang canggih di dalamnya semakin membuat kesan sci-fi nya terasa.

Plot cerita yang dihadirkan sebenarnya tak jauh berbeda dari film alien lainnya. Hanya saja, di film ini kalian akan merasakan nuansa horor yang lebih mencekam. Keadaan planet asing yang penuh dengan misteri, ditambah dengan adanya makhluk asing yang haus darah di dalamnya membuat nuansa dari Prometheus ini terasa mencekam dalam setiap menitnya.


3. Independence Day

Independence Day

Independence Day
merupakan rekomendasi paling tepat buat kalian yang suka dengan film bertema perang. Film karya sutradara Roland Emmerich yang rilis di tahun 1996 lalu ini menceritakan tentang seorang kapten tempur bernama Capt. Steve Hiller (Will Smith) yang bertugas di garis depan dalam peperangan umat manusia melawan alien yang akan menginvasi bumi.

Film Independence Day ini sangat sukses di era perilisannya, sebab film ini mampu menggambarkan bagaimana tegangnya konflik antara manusia dengan alien dalam skala besar. Ceritanya yang padat juga menjadi faktor utama mengapa film ini begitu disukai oleh para penontonnya.

Padahal, film ini sebenarnya memiliki durasi hampir 3 jam, tapi karena ceritanya sangat seru, 3 jam tersebut terasa seperti beberapa puluh menit saja.


4. Life

Life

Menghidupkan sebuah organisme asing dari planet Mars memang terdengar gila, tapi hal itu tetap dilakukan oleh David Jordan (Jake Gyllenhaal) bersama kelima rekan astronot lainnya saat menjalani misi luar angkasa mereka.

Organisme asing tersebut sebenarnya hanya berbentuk seperti untaian benang yang halus dan lembut, namun siapa sangka makhluk yang dikira lemah itu ternyata dapat bertumbuh dengan cepat dan menjadi teror mematikan bagi para astronot disana.

Ceritanya yang tidak mudah ditebak, lengkap dengan teror dari aliennya yang ganas membuat Life ini menjadi salah satu film alien terbaik yang pernah saya tonton selama ini.

Saya sangat suka bagaimana penggambaran perilaku manusia yang penuh dengan keingintahuan di film ini. Seringkali kita sebagai manusia memang penuh dengan rasa ingin tahu, sampai lupa bahwa rasa keingintahuan tersebut seringkali membawa sebuah resiko yang besar.


5. The Thing

The Thing

Antartika dikenal sebagai benua es yang jarang terjamah oleh manusia. Tebalnya lapisan es disana mengakibatkan manusia sangat sulit untuk bertahan, akan tetapi bongkahan es tersebut bisa menyimpan sebuah alien didalamnya seperti yang dikisahkan dalam film The Thing ini.

Film karya sutradara Matthijs van Heijningen Jr. yang rilis di tahun 2011 ini akan mengajak kalian melihat teror dari alien yang telah bebas setelah terkubur di dalam es selama ribuan tahun.

Film ini memiliki genre misteri yang sangat kental yang terlihat jelas di paruh awal filmnya saat para karakter masih menginvestigasi makhluk apa yang sebenarnya menjadi musuh mereka.

Plot ceritanya yang tidak mudah ditebak juga menjadi faktor utama yang membuat The Thing disukai oleh banyak orang.


6. The Tomorrow War

The Tomorrow War

Perpaduan antara perjalanan waktu dengan wabah alien rasanya menjadi 2 hal yang sangat menarik jika ditampilkan ke dalam sebuah film, dan itulah yang akhirnya dilakukan oleh Chris McKay dalam filmnya yang berjudul The Tomorrow War.

Film ini menceritakan tentang seorang veteran bernama Dan Forester (Chris Pratt) yang berpartisipasi dalam perang masa depan untuk melawan pasukan alien yang saat itu telah hampir memusnahkan umat manusia.

Diceritakan bahwa umat manusia di masa depan sangat kekurangan pasukan, sehingga mereka harus membuka portal ke masa lalu untuk mendapatkan bala bantuan tambahan. 

Menariknya adalah, The Tomorrow War ini mampu menjelaskan konsep time travel mereka dengan cukup jelas, sehingga alur ceritanya masih terbilang ringan jika dibandingkan dengan film bertema time travel lainnya.


7. Battle: Los Angeles

Battle: Los Angeles

Battle: Los Angeles
merupakan film karya sutradara Jonathan Liebesman yang rilis di tahun 2011. Film ini mengisahkan peperangan umat manusia melawan alien yang terjadi di kota Los Angeles.

Di film ini pihak alien tampak sangat kuat, lengkap dengan baju besi dan teknologi canggih mereka sehingga umat manusia sangat kesusahan untuk melawannya.

Kalian bisa melihat sendiri rasa putus asa dari para tentara saat menghadapi alien yang nyaris tak memiliki kelemahan. 

Saya suka bagaimana penggambaran umat manusia di film ini, mereka terlihat begitu lemah saat berhadapan dengan alien, namun tak peduli berapa kali manusia mengalami kekalahan, mereka masih tetap berjuang sehingga pada akhirnya pihak manusia lah yang mendapatkan kemenangan.


8. Alien (1986)

Alien (1986)

Bicara tentang alien, tidak lengkap rasanya jika tidak memunculkan the OG dari film alien itu sendiri yang rilis di tahun 1986

Film yang disutradari oleh James Cameron ini merupakan pioneer dari film alien yang selama ini kita kenal. Di film inilah awal mulanya kita mengenal alien yang gemar memangsa manusia. Model kepalanya yang sangat khas bahkan masih digunakan dalam film alien di masa sekarang, bentuknya pasti nggak bakal jauh beda deh kalau dibandingin sama versi alien di film originalnya ini.

Alien (1986) juga menampilkan kualitas cerita yang menawan di era itu, meski sequel dan triloginya kurang memuaskan, namun film pertamanya ini memberikan momen yang cukup berkesan bagi para penontonnya.

Jika kalian penggemar alien, sudah pasti film ini harus ada dalam list paling atas.


9. Nope

Nope

Mayoritas film yang bertemakan alien pasti memiliki tensi cerita yang cukup serius, namun lain halnya dengan film karya sutradara Jordan Peele ini. Sama seperti judulnya yang nyeleneh, film ini memiliki alur cerita yang tergolong aneh, namun sangat menarik untuk kalian saksikan.

Nope mengisahkan tentang seorang peternak kuda bernama Ottis James (Daniel Kaluuya) yang secara tidak sengaja mengetahui keberadaan pesawat alien yang selama ini berada di dekat rumahnya. Akan tetapi, bukannya meminta pertolongan, Ottis James yang kerap dipanggil OJ itu malah mencoba mendokumentasikan pesawat tersebut dengan harapan mendapatkan banyak uang.

Film ini tergolong unik karena di sepanjang durasinya kalian tidak akan menemukan unsur science fiction ataupun action yang mayoritas menjadi genre utama untuk film bertema seperti ini.

Bisa dibilang kalau film Nope ini lebih down to earth, sebab tiap karakternya tidak memiliki keahlian apapun, mereka hanyalah orang desa biasa yang kebetulan harus berhadapan dengan pesawat alien di pekarangan rumahnya. Jadi ya udah pasti film ini punya lebih banyak adegan kocaknya ketimbang seriusnya.


10. Signs

Signs

Di awal tahun 2000-an, dunia sedang digemparkan oleh fenomena crop circle yang disinyalir disebabkan oleh UFO yang melakukan pendaratan di bumi. Bertepatan dengan fenomena itu, rilislah film karya sutradara M. Night Shyamalan dengan judul Signs.

Film ini mengisahkan tentang fenomena aneh yang terjadi di lahan perkebunan milik keluarga Merrill Hess (Joaquin Phoenix). Fenomena aneh itu bermula dari adanya crop circle yang secara misterius muncul di tengah lahan jagung mereka.

Signs menyuguhkan elemen horor yang atmospheric. Tidak ada momen jumpscare sama sekali, tapi kalian akan selalu was - was saat menontonnya.

***

Itulah list 10 Film Alien Terbaik yang Jarang Diketahui Banyak Orang. Kira  - kira dari 10 film diatas adakah yang menjadi favorit kalian?

Perlu saya ingatkan bahwa artikel ini sepenuhnya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi film ataupun series favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form