Review The Moon (2023), Misi Pendaratan Manusia di Bulan yang Menegangkan

Review Film The Moon (2023)

Korea Selatan akhir - akhir ini memang sedang gencar sekali dalam mengembangkan industri film mereka. Hal itu bisa dilihat dari bagusnya kualitas film Korea Selatan yang dirilis di beberapa tahun terakhir ini.

Negara tersebut seolah sedang mendapatkan sebuah mukjizat, sebab dalam waktu sekejap mereka mampu memajukan industri film mereka sampai hampir menyamai kualitas film - film Holywood, baik dari segi akting, plot cerita, maupun teknologi CGI yang dihadirkan, semuanya terlihat sama bagusnya.

Di tahun 2023 ini pun ada banyak film dari Korea Selatan yang menurut saya memiliki kualitas lebih bagus dari film barat, salah satu contohnya yaitu film The Moon yang akan saya ulas dalam postingan ini.

The Moon merupakan film drama sci-fi karya sutradara Kim Yong Hwa yang rilis di Indonesia pada 9 Agustus lalu. Film ini mengisahkan tentang 3 astronot, salah satunya bernama Hwang Seon-woo (Doh Kyung-soo) dalam misi mereka menjadi manusia Korea pertama yang menepakkan kaki di bulan.

Sayangnya, sebelum sempat sampai ke bulan, terjadi sebuah kecelakaan yang menewaskan 2 diantara mereka, menyisakan Hwang Seon-woo saja sebagai satu - satunya astronot yang selamat. Walaupun hanya seorang diri,  Hwang Seon-woo tetap bersikeras untuk melanjutkan misi, meski dia tahu akan ada banyak sekali resiko yang harus dia hadapi ke depannya.

Sebelum menontonnya, saya sebenarnya tidak menaruh ekspektasi apapun terhadap film ini. Saya pikir The Moon bakalan sama kayak film korea lainnya yang menekankan genre drama dalam segi ceritanya. Memang sih genre drama itu masih ada di film ini, tapi ternyata unsur science fiction yang ditampilkan tidak kalah menariknya.

Detail dari perjalanan Hwang Seon-woo ke bulan berhasil disuguhkan dengan sangat menawan. Kalian sebagai penonton seolah ikut andil dalam percakapan antara Hwang Seon-woo dengan Naro Space Center yang selalu memandunya di sepanjang perjalanan.

Dengan durasi 2 jam, The Moon cukup berhasil dalam memberikan plot cerita yang menarik dan menegangkan di waktu yang bersamaan. Film ini memiliki kejutan di hampir sepanjang durasinya yang membuat setiap menitnya terasa sayang untuk dilewatkan.

Untuk kualitas CGI sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, semua efek CGI yang tampil di film ini terasa memuaskan. Kayaknya nggak ada deh satu scene pun di film ini yang punya efek CGI buruk.

Hanya ada satu kekurangan saja yang saya temukan di film ini, yaitu saat scene  dimana salah satu astronot terkena ledakan saat sedang memeriksa saluran bahan bakar yang bocor. Harusnya api itu tidak akan bisa menyala dan mengakibatkan ledakan karena tidak ada oksigen di luar angkasa, namun entah kenapa saluran bahan bakar itu bisa meledak dan membuat 2 astronot tewas terpental ke luar angkasa. Meski itu hanya detail kecil saja, namun scene itulah yang menjadi penyebab mengapa Hwang Seon-woo harus berjuang sendirian di sepanjang misinya.


SCORE

9/10

Overall, The Moon merupakan salah satu film sci-fi terbaik yang rilis di tahun 2023 ini. Film ini sangat saya rekomendasikan buat kalian tonton, jarang - jarang lho bisa dapet film sci-fi dari Korea yang sebagus ini, nggak kayak negara +62 yang tiap tahunnya ngeluarin film horor sama drama remaja doang.

Buat kalian yang sudah menontonnya, silahkan tulis saja pendapat kalian tentang film ini di kolom komentar.


TRAILER


Sekian review film The Moon (2023) dari saya. Perlu kalian ingat bahwa seluruh isi dari postingan ini murni berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan saran ataupun tambahan silahkan beritahu saya.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi seputar film atau series favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form