Review Old (2021), Misteri Pantai yang dapat Mempercepat Umur Manusia

Review Film Old (2021)

Setelah sukses dengan trilogi Split yang ditutup dengan film bertajuk Glass yang rilis di tahun 2019 lalu. 2 tahun berselang setelah itu, tepatnya di tahun 2021, akhirnya M. Night Shyamalan kembali hadir dengan menyuguhkan sebuah film thriller terbarunya yang berjudul Old.

Sesuai dengan judulnya, Old mengisahkan tentang sebuah fenomena aneh dimana umur manusia dapat menua dengan cepat tanpa sebab yang jelas. Film ini dibintangi oleh Gael García Bernal (Guy Cappa) dan Thomasin McKenzie (Maddox Cappa) yang diceritakan merupakan sepasang suami istri yang sedang menghabiskan masa liburannya di sebuah pulau tropis bersama dengan kedua anaknya.

Hotel yang menjadi tujuan mereka di pulau itu terlihat sangat mewah, lengkap dengan pesona pantainya yang indah. Sesampainya mereka di hotel itu, pemilik hotelnya yang ramah pun memberikan sebuah rekomendasi pantai indah dan eksklusif, letaknya jauh dari keriuhan dan masih jarang terjamah oleh manusia sehingga pemandangannya masih sangat alami. Tergiur dari penawaran yang diberikan oleh sang pemilik hotel, keluarga Cappa pun dengan serempak menyetujuinya.

Akan tetapi, bukannya mendapatkan liburan yang menyenangkan di pantai, mereka justru mengalami peristiwa yang sangat aneh dimana umur mereka menua dengan cepat saat berada di tempat itu. Suasana yang awalnya penuh kebahagiaan pun perlahan berubah menjadi mencekam, karena ketika mereka mencoba keluar dari pantai itu, secara mendadak mereka jatuh pingsan dan berakhir terbangun di pantai itu lagi.

Oiya, film Old ini juga dibintangi oleh Alex Wolff yang perannya di film Hereditary masih sangat membekas di kepala saya. Meski perannya sebagai Trent di film Old ini kurang begitu berkesan, tapi overall masih oke lah, emang cocok aja gitu kalo Alex Wolff berperan di film - film thriller kayak gini.

Konsep cerita yang ditampilkan dalam film Old ini sebenarnya sangat simple, namun dieksekusi dengan sangat sempurna. Konsep cerita yang hanya menceritakan sebuah pantai dengan anomali yang dapat mempercepat penuaan manusia ternyata dapat dikembangkan dengan sekreatif ini. Apalagi, dengan adanya berbagai konflik tanpa akhir yang terjadi diantara karakternya seakan membuat ceritanya semakin seru untuk ditonton.

Namun, terlepas dari itu semua, hal yang menarik bagi saya adalah melihat bagaimana tingkah manusia apabila mereka menua dengan cepat tanpa dibarengi dengan perkembangan kondisi mentalnya. Contohnya saja saat Trent yang dengan polosnya melakukan hubungan seksual dengan Kara tanpa tahu bahwa efek dari hubungan tersebut membuat Kara hamil dengan cepat. 

Mereka berdua dengan polosnya menjelaskan bahwa mereka sebenarnya hanya bermain saja. Wajar lah mengingat beberapa menit sebelumnya mereka masih berumur 5 tahun, dan sekarang mereka mendadak menjadi remaja yang sudah melewati masa pubertas.

Selain itu, beberapa adegan thriller dari film Old ini juga berhasil dieksekusi dengan baik, salah satu contohnya yaitu saat adegan pengeluaran tumor dari perut Maddox yang sangat menegangkan, metabolisme manusia yang terjadi lebih cepat di pantai itu membuat tumornya bertambah besar dengan sangat cepat sehingga harus dikeluarkan dengan alat seadanya. Nah, momen pengeluaran tumor itulah yang agak ngilu karena nanti perut Maddox akan dibedah tanpa menggunakan obat bius sedikitpun. Mereka juga harus melakukannya secara cepat, karena jika tidak lukanya akan menutup dengan sendirinya dikarenakan anomali aneh yang terjadi di pantai itu.

Hal serupa juga terjadi pada Chrsytal yang kondisi badannya menjadi tidak beraturan setelah tangan dan kakinya yang patah langsung sembuh dalam waktu singkat. Jadi, bayangin aja tangan kalian patah (bengkok ke kanan gitu) dan nggak bisa dibalikin lagi karena lukanya langsung sembuh.

Walaupun misteri yang disajikan di film ini cukup banyak, tapi tenang saja, karena semua misteri itu akan menemui titik terangnya. Semua misterinya terungkap di akhir film, mengenai mengapa mereka tidak dapat keluar dari pantai itu, misteri penuaan, hingga alasan mereka yang terpilih untuk mengunjungi pantai misterius itu, semuanya dijelaskan dengan sangat baik sehingga Old jauh dari kata film yang "nanggung".

Film ini juga berhasil memaksimalkan latar tempatnya dengan sangat baik. Dari awal sampe akhir film, semua adegannya hanya ada di satu pantai saja, tapi karena pemandangan dan pengambilan gambarnya yang ciamik membuat saya tidak merasakan bosan sama sekali saat menontonnya. M. Night Shyamalan sangat paham betul bagaimana memanfaatkan suatu lokasi yang bagus untuk menjadi latar utama di sepanjang filmnya.


SCORE

7/10

Score 7 saya berikan untuk film Old berkat menariknya ide cerita yang ditampilkan yang berhasil membuat saya selalu tertarik buat mengikuti ceritanya dari awal sampe akhir filmnya.

Terlebih lagi, film ini juga tak menghadirkan adegan thriller yang berlebihan, jadi masih aman lah buat ditonton sama keluarga, meski rating film ini masih tetap dewasa.

Overall, Old merupakan film yang sangat worth it buat kalian tonton, apalagi buat kalian pecinta genre mystery thriller.


TRAILER


***

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait review film Old. Jika ada kritik maupun saran dari kalian, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan review film dan serial menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form