Review Film The Host (2006), Teror Monster Mutant yang Menyenangkan

Review Film The Host (2006)

Korea Selatan memang sudah terkenal dengan film dramanya yang sukses menarik banyak perhatian, orang - orang menyebutnya dengan "K-Drama" karena saking banyaknya film genre drama yang terkenal dari negeri itu.

Akan tetapi, sebenarnya film genre lain dari Korea Selatan juga memiliki potensi yang sama menjanjikannya. Salah satu contoh kecilnya yaitu film Memories of Murder (2002) yang sukses membuka mata saya bahwa ternyata film thriller dari Korea tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan film - film eropa.

Ngomongin soal film thriller dari Korea, film The Host yang akan saya bahas di postingan ini pun memiliki genre yang serupa. Masih dengan sutradara Bong Joon-ho yang juga menjadi sutradara dari Memories of Murder, film The Host hadir dengan menyuguhkan genre thriller, comedy, drama, dan science fiction yang tentu sangat menarik untuk kalian saksikan.

Film ini mengisahkan tentang sebuah mutant yang muncul di sungai Han sebagai akibat dari pembuangan limbah beracun yang terjadi beberapa tahun sebelumnya. 

Setelah bertahun - tahun hidup dalam persembunyian, akhirnya mutant tersebut muncul dan memangsa orang - orang yang ada di sekitar sungai Han.

Salah satu korban dari serangan mutant tersebut yaitu Hyun-seo (Go Ah-sung), anak dari Gang-du (Sung Kang-ho) yang menjadi karakter utama di film ini. Sejak awal film, Gang-du tampil sebagai seorang ayah yang ceroboh dan pemalas. Setiap harinya dia hanya tidur saja sembari menunggu kios milik ayahnya yang berada tepat di sisi sungai Han. 

Film ini memadukan banyak sekali genre, dan uniknya semua genre-nya berhasil tampil dengan seimbang. Saya sendiri suka dengan genre komedinya yang situasional dan tidak terkesan dipaksakan. Salah satu scene komedi yang saya ingat yaitu saat Hyun-seo dan Gang-du saling bergandengan tangan saat mencoba lari dari kejaran monster.

Pada awalnya, mereka memang saling bergandengan tangan, tapi saat jatuh dan berdesak - desakan dengan orang lain, Gang-du malah menggandeng tangan anak orang lain sehingga membuat Hyun-seo tertinggal dan akhirnya dibawa oleh mutant.

Sebenarnya scene itu terlihat sangat menegangkan, tapi muka polos dari Gang-du pada akhirnya membuat saya tertawa. Sung Kang-ho, aktor yang berperan sebagai Gang-du memang sudah berulang kali memerankan tokoh yang lawak, dan sejauh ini nggak ada satu pun perannya yang gagal. 

Scene - scene thriller yang ada di film ini pun tak kalah bagusnya. Teror dari monster mutant yang mengamuk di tengah kota terlihat cukup mengerikan. Kacaunya kondisi para warga yang mencoba berlarian kesana kemari pun dengan detail diperlihatkan, tak lupa juga dengan beberapa adegan lucu yang terselip di tengah kekacauan yang sedang terjadi sukses menjadi ice breaking untuk mencairkan suasana.

Oiya, The Host ini juga memiliki beberapa unsur satir yang berhubungan dengan politik dan elite global. Beragam unsur tersebut sangat jelas hadir di film ini, khususnya pada momen dimana Gang-du secara paksa dibawa oleh pihak pemerintah karena dianggap telah terinfeksi virus dari mutant. Padahal, bukti adanya virus yang bisa menular dari mutant tersebut masih belum jelas, tapi Gang-du sudah diperlakukan seperti orang yang telah terinfeksi virus menular yang sangat berbahaya.

Tak hanya itu, semua perkataan yang dilontarkan oleh Gang-du pun tidak didengarkan. Padahal sebenarnya dia tahu betul bahwa putrinya masih hidup di luar sana menunggu pertolongan, tapi tidak ada satu pun orang yang percaya dengannya. Fenomena kayak gitu sih udah mirip sama negeri wakanda, dimana pemerintahnya udah gak dengerin lagi keluhan dari rakyatnya.

Akhirnya, dengan dibantu oleh anggota keluarganya sendiri, Gang-du menelusuri setiap sudut sungai Han untuk mencari keberadaan Hyun-seo yang berada di dalam sarang mutant tersebut. Akankah mereka berhasil menemukannya? Jawabannya bisa kalian saksikan sendiri setelah menonton filmnya.

Overall, The Host merupakan film monster yang sangat menyenangkan untuk kalian lihat. Unsur komedinya ada, drama keluarganya bisa bikin kalian terharu, genre science fiction-nya juga gak kalah bagusnya, seperti yang sudah saya bilang di awal tadi kalau film ini emang berhasil memadukan banyak genre di dalamnya.


SCORE

7/10

Meski sudah tergolong film lawas, The Host masih menjadi tontonan yang cukup worth it buat kalian saksikan.

Jika kalian emang lagi nyari film yang santai, The Host ini bisa menjadi jawaban yang tepat karena alurnya mudah dipahami, lengkap dengan genre komedi dan drama keluarganya yang berhasil ditampilkan dengan baik.

Untuk kualitas akting gausah diraguin lagi soalnya mayoritas aktor yang bermain di film ini emang udah sering nongol juga di film - film yang lain. Jadi udah pasti mantep lah, khususnya buat Sung Kang-ho sebagai karakter utama yang mampu membuat film ini terlihat lebih fun dan ceria.


TRAILER


***

Sekian review film The Host (2006) dari saya. Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini sepenuhnya hanya berasal dari opini saya pribadi.

Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar film dan series favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form