Review Film Leave the World Behind (2023), Potret Kiamat di Zaman Modern

Review Film Leave the World Behind (2023)

Pernahkah kalian berpikir tentang perang yang kemungkinan terjadi di zaman sekarang? Perang yang bahkan ngerinya bisa sampai setara dengan kiamat? Salah satu opsi penyebabnya mungkin akan sama dengan yang ada di film yang akan saya bahas kali ini.

Leave the World Behind merupakan film thriller drama apocalypse karya sutradara Sam Esmail yang rilis di Netflix pada 25 Oktober lalu. Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri Clay (Ethan Hawke) dan Amanda (Julia Roberts), beserta kedua anak mereka, Archie (Charlie Evans) dan Rosie (Farrah Mackenzie), yang sedang berlibur untuk merelaksasikan diri dari sibuknya pekerjaan yang mereka jalani setiap harinya.

Liburan mereka berjalan memang mulus pada awalnya, menginap di rumah mewah yang letaknya jauh dari riuhnya keadaan kota, berlibur di pantai, berenang di kolam pribadi, sungguh liburan keluarga yang sanga menyenangkan.

Akan tetapi, beberapa peristiwa aneh mulai terjadi di tengah liburan yang sedang mereka jalani. Keanehan pertama muncul saat sebuah kapal minyak secara misterius menabrak pantai yang sedang mereka kunjungi. Kapal itu seolah kehilangan arah karena saat akan mencapai bibir pantai tidak ada satu pun tanda bahwa kapal itu akan melambat.

Pihak pantai mengatakan bahwa kapal itu sedang terkena masalah terkait sistem navigasi sehingga sang nahkoda tidak tahu bahwa ada pantai di depannya. Akan tetapi, penyebab lebih dalamnya masih belum diketahui sehingga para pengunjung pantai langsung diperintahkan untuk mengevakuasi diri.

Sesampainya kembali di penginapan tempat mereka berlibur, terjadi lagi keanehan dimana secara mendadak semua koneksi internet menghilang. Tidak ada satu pun perangkat elektronik yang bisa mendapatkan sinyal, menyebabkan Rosie merasa kesal karena dia tidak bisa menonton episode terakhir dari Friends yang merupakan serial TV favoritnya.

Masalah tak cukup sampai disitu saja, pada malam harinya Clay dan Amanda dikejutkan dengan adanya tamu mencurigakan yang mengaku sebagai sang pemilik rumah. Dia adalah G. H. Scottb(Mahershala Ali) yang ditemani oleh putrinya yang bernama Ruth (Myha'la Herrold). Mereka berdua ternyata harus terpaksa bermalam di rumah yang sedang dia sewakan kepada Clay dan Amanda karena malam itu seluruh listrik di kota padam sehingga tidak aman bagi mereka untuk kembali ke penginapan yang berada di lantai 14.

Amanda langsung menaruh curiga kepada mereka berdua karena sangat tidak mungkin bagi sang pemilik rumah yang asli berkunjung ke rumah yang baru saja dia sewakan ke orang lain. Terlebih lagi, alasan pemadaman listrik di kota yang mereka katakan terasa kurang meyakinkan untuk membuat mereka mencoba menginap di rumah itu. Lantas sebenarnya apa yang terjadi? Apa alasan sebenarnya dibalik Scott dan Ruth yang sangat bersikokoh untuk menginap di rumah yang baru dia sewakan? Apakah pemadaman listrik di kota berhubungan dengan masalah navigasi yang terjadi di kapal minyak yang terdampar sebelumnya? Semua jawaban dari pertanyaan itu akan kalian dapatkan jika menonton filmnya secara utuh.

Tak seperti mayoritas film bertema apocalypse lainnya yang penuh dengan ledakan dan bencana alam yang mematikan, Leave the World Behind menyajikan ceritanya dengan santai dan pelan. Paruh awal film ini bahkan hanya berisi tentang drama keluarga yang sedang liburan, suasananya penuh dengan kegembiraan seperti liburan keluarga pada umumnya. Setiap misteri yang hadir pun disajikan dengan sangat sistematis, semuanya muncul secara satu per satu sehingga penonton tidak terlalu sulit untuk mencerna keseluruhan alurnya.

Daripada nampilin banyak ledakan, Leave the World Behind mengajak penontonnya untuk merasakan kengerian lewat dialog yang dilakukan antar karakternya. Salah satu contohnya bisa kalian lihat saat Scott menjelaskan tentang peristiwa apa yang sedang melanda negaranya saat itu. Kalimat yang dia lontarkan dengan raut wajah yang penuh dengan rasa takut seolah menandakan bahwa peristiwa yang sangat mengerikan memang sedang terjadi. Kalian bahkan bisa merasakan kengeriannya hanya dengan melihat raut wajah dari Scott saat dia sedang menjelaskan semuanya.

Leave the World Behind memang memiliki sudut pandang yang unik mengenai kiamat yang mungkin terjadi pada dunia sekarang ini. Film ini menampilkan opsi perang paling sederhana yang dapat membuat negara yang sangat kuat bisa lenyap dengan seketika hanya dengan bermodalkan sabotase navigasi kendaraan dan koneksi internet. 

Hilangnya navigasi kendaraan dan koneksi internet secara otomatis akan memutus akses mobilitas dan informasi, sehingga negaa tersbeut akan sangat rentan mengalami pergolakan. Sisanya biarkan rakyatnya sendiri yang menghancurkannya karena mereka pasti akan berperang satu sama lain di tengah semua kekacauan itu.

Leave the World Behind sukses memberikan potret yang realistis mengenai bencana yang kemungkinan terjadi di zaman modern seperti sekarang ini. Saking ngerinya, bencananya bisa dikategorikan seperti kiamat karena emang bisa langsung bikin satu negara lenyap, apa nggak ngeri coba kalo beneran terjadi di kehidupan nyata.


SCORE

8/10

Uniknya tema yang dibawakan, ditambah dengan akting dari pemerannya yang memukau membuat Leave the World Behind pantas untuk masuk ke kategori salah satu film terbaik yang rilis di tahun 2023 versi saya. 

Banyak dari penontonnya bilang kalau film ini punya ending yang jelek, tapi bagi saya ending-nya justru malah terlihat realistis karena nampilin hal yang emang bakal dilakuin manusia kalau sedang terkena musibah kayak yang ada di film ini. 

Jika kalian penasaran dengan keseluruhan ceritanya, kalian bisa tonton aja langsung Leave the World Behind di Netflix.


TRAILER


***

Sekian review film Leave the World Behind (2023) dari saya. Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi.

Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar film dan series favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form