Review Film Hacksaw Ridge (2016), Kisah Tentara yang Tidak Pernah Angkat Senjata dalam Perang

Review Film Hacksaw Ridge (2016)

Perang pasti selalu identik dengan senjata, dua kata itu bagaikan seorang saudara kembar yang tidak mau dipisahkan satu sama lain. Namun apa jadinya jika seorang tentara malah memilih untuk tidak pernah mengangkat senjata? Terdengar aneh memang, tapi peristiwa itu benar - benar terjadi di masa Perang Dunia II, tepatnya saat tentara Amerika Serikat ingin mengambil alih salah satu wilayah Jepang yang dijuluki dengan "Hacksaw Ridge".

Di perang penuh darah itu, salah seorang anggota tentara medis dari Amerika Serikat berhasil membuat banyak orang tercengang, bahwasannya seorang tentara medis yang tidak pernah mengangkat senjata ternyata malah menjadi salah satu faktor penentu kemenangan perang. Dia adalah Desmond Doss, pria yang berhasil menyelamatkan kurang lebih 75 jiwa tanpa pernah membunuh satu kali pun musuhnya.

Kisah heroiknya itulah yang kemudian diabadikan dalam film yang akan saya bahas dalam postingan kali ini. Dengan Mel Gibson yang duduk di bangku sutradara, film yang rilis pada tahun 2016 lalu ini menceritakan kisah heroik Desmond Doss selama perang Hacksaw Ridge melawan tentara Jepang.

Film ini berfokus menceritakan kisah hidup dari Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Garfield, mulai dari masa kecilnya yang keras karena didikan dari ayahnya yang juga seorang mantan tentara, sampai ke titik dimana dia percaya kepada ajaran Tuhan bahwa membunuh adalah salah satu dosa paling keji umat manusia yang tentu harus dihindarinya.

Keyakinannya untuk tidak mau membunuh itu tentu menemui banyak sekali ujian, khususnya saat dia memutuskan untuk mengabdi sebagai tentara medis. Selama masa pelatihannya, banyak orang yang meremehkan tekadnya. Mereka mengatakan kalau tekad yang Desmond miliki itu hanyalah omong kosong saja. Bahkan, seluruh teman seangkatannya pun sering kena hukuman hanya karena Desmond tidak pernah mau ikut latihan tembak.

Kapten Glover yang bertanggung jawab penuh atas pasukan itu pun berniat untuk menyingkirkan Desmond dari kelompoknya karena dia tidak ingin Desmond menyerahkan nyawanya sia - sia di medan perang hanya karena mempertahankan idealismenya yang sangat tidak masuk akal. Tapi mau sekeras apapun hukuman dan ujian yang Desmond terima, dia tetap teguh dengan pendiriannya.

Siapa juga yang bakal menyangka kalau Desmond yang awalnya banyak orang kira akan tumbang dengan cepat di dalam pertempuran, ternyata dia justru menjadi satu - satunya pahlawan yang menyelamatkan banyak orang dan membuat Amerika Serikat memperoleh kemenangan.

Hacksaw Ridge bukanlah film perang biasa, sebab ada banyak sekali nilai - nilai hidup yang terkandung di dalamnya yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Salah satu contoh kecilnya adalah percaya dengan tekad yang telah kalian miliki. Mau sebanyak apapun ujian yang menanti, jika tekad kalian kuat, maka tidak ada hal yang tidak mungkin untuk kalian capai. 

Seperti apa yang dilakukan oleh Desmond Doss. Mau seberapa kerasnya ujian yang dia hadapi, dia tetap yakin bahwa tekadnya untuk tidak pernah mengangkat senjata akan membantunya untuk meraih kemenangan dalam perang.

Selain ceritanya yang bagus, film ini juga berhasil menampilkan suasana perang yang sangat intens. Kalian akan disuguhkan dengan adegan baku tembak yang sangat menegangkan, lengkap dengan kebengisan tentara Jepang yang juga berhasil ditampilkan dengan baik.

Di paruh awal film, Hacksaw Ridge memang hanya akan berfokus pada kisah hidup Desmond Doss saja. Tapi nanti saat peperangan telah dimulai, peran dari rekan seangkatan Desmond pun juga diperlihatkan, satu per satu dari mereka memiliki waktunya sendiri untuk tampil, dan itu berhasil membuat suasana dalam film ini menjadi lebih hidup, sebab kita sebagai penonton bisa melihat keadaan yang terjadi dari sudut pandang banyak orang, tidak hanya dari Desmond saja.

Kalau untuk masalah akting sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Andrew Garfield yang tampil sebagai Desmond Doss berhasil mengeksekusi perannya dengan sangat sempurna. Perannya sebagai pria yang lugu dan polos memang tampak cocok dengan raut mukanya, kayak emang polos dari sononya. Sepertinya Andrew juga sudah terbiasa tampil sebagai karakter utama, apalagi setelah kesuksesannya tampil sebagai Peter Parker di kedua film The Amazing Spider-Man.


SCORE

9/10

Banyaknya keunggulan yang ada di dalamnya membuat Hacksaw Ridge menjadi salah satu film bertema perang yang sangat saya rekomendasikan buat kalian lihat. Selain karena ceritanya yang menyentuh, film ini juga berhasil menyuguhkan peperangannya dengan sangat epic, pokoknya nggak ada yang jelek dah dari ini film, bakal nyesel kalian kalau belum pernah nonton.

Meski sekarang film ini sudah berumur 7 tahun lebih, beragam nilai yang disuguhkan di dalamnya tetap tidak akan pernah lekang oleh Jaman. Rasanya kalau ditonton 10 tahun yang akan datang pun ini film masih tetep oke, karena emang sebagus itu filmnya.


TRAILER


***

Sekian review film Hacksaw Ridge (2016) dari saya. 

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini murni hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi Film Corner untuk mendapatkan informasi seputar film dan series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form