List 10 Film Horor Indonesia Terbaik, Dijamin Bikin Merinding

10 Film Horor Indonesia Terbaik

Horor menjadi salah satu genre film yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Layaknya nasi yang menjadi makanan pokok, film horor menjadi tontonan yang tak pernah absen di bioskop.

Karena faktor itulah tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia punya banyak sekali film horor yang makin bertambah setiap tahunnya. Antusiasme dari masyarakatnya yang selalu tinggi, ditambah dengan perkembangan kualitas film horor Indonesia yang meningkat secara signifikan membuat genre ini seolah tidak ada habis - habisnya untuk diperbincangkan.

Nah, dari banyaknya film horor Indonesia yang telah ada, dalam postingan ini telah saya rangkum 10 film horor Indo terbaik yang pastinya sangat saya rekomendasikan untuk kalian tonton.

Akan tetapi, sebelum masuk ke dalam pembahasannya, perlu saya ingatkan bahwa list ini hanya berasal dari opini saya pribadi saja. Maka dari itu, jika mungkin ada film horor Indo lain yang bagus di mata kalian ya silahkan tulis saja di kolom komentar.

Tanpa berbasa  - basi lagi, berikut list 10 film horor Indonesia terbaik yang dijamin bikin kalian merinding waktu nonton.


1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Jika bicara tentang film horor Indonesia terbaik, sudah pasti list pertamanya akan jatuh ke film Pengabdi Setan karya sutradara Joko Anwar yang rilis pada tahun 2017 lalu.

Film ini mengisahkan tentang keluarga yang terus - terusan mengalami kejadian aneh semenjak ibu mereka, yang diperankan oleh Ayu Laksmi, meninggal dunia. 

Satu demi satu misteri dibalik keluarga itu pun akhirnya mulai terungkap setelah dua anak mereka, yaitu Rini (Tara Basro) dan Tony (Endy Arfian) mulai menelusuri sejarah yang dilakukan oleh orang tua mereka dahulu.

Lantas sebenarnya apa yang terjadi dibalik peristiwa aneh yang menimpa keluarga itu? Jawabannya akan kalian temukan sendiri setelah menonton filmnya.

Pengabdi Setan merupakan film yang menjadi tolak awal bagi perkembangan industri horor di Indonesia, sebab semenjak Pengabdi Setan muncul, mulai banyak film horor di Indonesia yang fokus ke dalam cerita, bukan hanya sekedar menampilkan jumpscare ngasal seperti di era sebelumnya.


2. Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput
merupakan film horor thriller karya sutradara Timo Tjahjanto yang rilis pada tahun 2018 lalu. 

Film ini menceritakan tentang Alfie (Chelsea Islan) yang harus menerima kenyataan pahit bahwa ayahnya telah menderita penyakit misterius yang tak bisa dijelaskan oleh medis. Di akhir hayatnya, sang ayah berpesan kalau Alfie mendapat warisan berupa sebuah rumah tempat tinggalnya dulu waktu masih kecil.

Akan tetapi, tanpa Alfie ketahui ternyata di dalam rumah itu terdapat ruangan khusus yang dulu dipakai ayahnya untuk mendapatkan pesugihan. Iblis yang berada di dalamnya ternyata masih terkurung rapat, sebelum akhirnya pintu ruangan itu terbuka.

Tak hanya menyuguhkan horor yang menyeramkan, Sebelum Iblis Menjemput juga memiliki banyak sekali adegan sadis di dalamnya. Udah kayak film Evil Dead versi lokal.


3. Asih 2

Asih 2

Siapa sih yang nggak kenal dengan franchise Danur? Semenjak kemunculan film pertamanya di tahun 2017 lalu, franchise Danur berhasil berkembang pesat, sampai akhirnya kini total sudah ada 6 film beserta spin off-nya yang berhasil dibuat.

Nah, dari banyaknya film dalam franchise Danur, saya malah paling suka dengan spin off-nya yang berkisah tentang hantu bernama Asih.

Film Asih mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Asih yang melakukan bunuh diri karena banyaknya kesialan yang telah menimpa hidupnya. Kematian Asih ternyata masih membawa dendam dan amarah yang begitu besar, dan di film Asih 2 ini keluarga Andi lah yang menjadi targetnya.


4. Qodrat

Qodrat

Setelah lama menanti, akhirnya Indonesia punya juga film horor bertemakan eksorsisme yang worth it buat kalian tonton, film mana lagi kalau bukan Qodrat.

Film ini menceritakan seorang ustad bernama Qodrat yang baru saja bebas dari penjara setelah dia dituduh menjadi pelaku atas terbunuhnya anaknya sendiri yang kala itu sedang dirasuki oleh iblis benama Assuala.

Ustad Qodrat yang telah lemah pun merasa bahwa dirinya telah kalah dengan Assuala, sampai pada akhirnya dia mendapatkan kesempatan kedua untuk berhadapan dengan iblis itu lagi.

Qodrat menjadi film eksorsisme dari Indo paling bagus sejauh ini, sebab film ini benar - benar menampilkan proses eksorsismenya dengan sangat intens. Bacaan - bacaan ayat suci yang dilontarkan pun tidak nanggung - nanggung, membuat feel eksorsismenya semakin terasa realistis. Big applause lah buat Vino G. Bastian yang berhasil tampil all out sebagai ustad Qodrat di film ini.


5. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam
mungkin adalah film horor paling underrated dalam list kali ini, sebab saat perilisannya film ini tidak memiliki hype yang besar, tidak seperti mayoritas film horor lain yang entah bagus atau tidak pasti bakal punya hype yang tinggi duluan.

Tapi, meski hype filmnya tidak tinggi, Ratu Ilmu Hitam ternyata berhasil menyuguhkan horor thriller yang beneran bengis dan kejam, cocok dengan judulnya yang emang mengusung tentang ilmu hitam.

Film ini bercerita tentang Hanif (Ario Bayu), Anton (Tanta Ginting), dan Jefri (Miller Khan) yang kembali berkunjung ke panti tempat mereka dulu hidup saat masih kecil. Bersama dengan keluarga mereka masing - masing, mereka berniat untuk piknik disana sambil berkumpul untuk mengenang masa muda dulu. 

Akan tetapi, pertemuan yang harusnya penuh dengan kedamaian itu ternyata harus terganggu setelah beragam teror ilmu hitam mulai muncul dan menewaskan mereka satu per satu.


6. Ivanna

Ivanna

Selain Asih 2, ternyata masih ada lagi satu film dari Danur universe yang sangat saya rekomendasikan buat kalian tonton, film itu adalah Ivanna.

Ivanna mengisahkan tentang perempuan Belanda bernama Ivanna (Sonia Alyssa) yang secara tragis dipenggal oleh tentara Jepang tepat di dalam rumahnya sendiri. Sebelum terbunuh, Ivanna juga sempat menyadari bahwa orang - orang pribumi yang tinggal di rumahnya ternyata juga mengkhianati dan menuduhnya sebagai seorang penjajah. 

Merasakan sakit karena telah dikhianati oleh orang - orang terdekatnya, Ivanna pun bertekad untuk membalas dendam kepada semua orang yang menghuni kediamannya itu.

Film Ivanna mendapatkan banyak respon positif dari para kritikus serta penonton karena film ini punya gaya penceritaan yang bagus, khususnya pada momen flashback-nya yang benar - benar kerasa banget bedanya jika dibandingkan sama momen flashback di film horor Indo lainnya.


7. Keramat

Keramat

Keramat
merupakan film horor dokumenter yang rilis pada tahun 2009 silam. Film yang digarap oleh sutradara Monty Tiwa ini berkisah tentang sekelompok pemuda dari Jakarta yang ingin shooting film di area Bantul, Yogyakarta. 

Akan tetapi, sesampainya disana mereka malah mendapatkan beragam teror menyeramkan setelah salah satu anggota dari mereka mulai kerasukan roh halus.

Waktu film Keramat ini dirilis, kualitas film horor Indonesia saat itu masih sangat terbelakang. Banyak film horor erotis yang masih berseliweran, namun entah bagaimana caranya Keramat bisa sukses besar, menjadikannya sebagai satu - satunya film horor dokumenter Indonesia yang paling banyak diperbincangkan. Bahkan sampai sekarang pun Keramat masih dianggap sebagai film dokumenter terseram dari Indonesia. 

Sebenarnya Keramat ini sudah punya sekuel yang rilis di tahun 2022 lalu. Tapi, hasilnya tetap tidak akan bisa menandingi film pertamanya.


8. Mangkujiwo

Mangkujiwo

Siapa sih yang nggak tahu dengan film Kuntilanak? Franchise film yang sangat populer di awal tahun 2000-an itu memang sangat ramai diperbincangkan, khusunya karena franchise-nya yang kian bertambah besar dan banyak.

Nah, jika dihubungkan dengan universe film Kuntilanak, Mangkujiwo ini adalah versi spin off-nya, atau bisa juga dibilang prequel karena latar waktunya terjadi jauh sebelum film Kuntilanak dimulai.

Seperti judulnya, film ini mengisahkan sebuah organisasi bernama Mangkujiwo yang bertugas untuk mengamankan dan memanfaatkan kekuatan dari Kuntilanak lewat cermin pangilon kembar sebagai media pemanggilannya.

Mangkujiwo ini menjadi titik awal dari lahirnya Kuntilanak, sekaligus dengan kisah hidupnya saat masih menjadi manusia.

Karena menceritakan asal usul dari Kuntilanak itu sendiri, Mangkujiwo punya cerita yang tergolong kelam dan bengis. Kalian nggak akan menemukan banyak adegan hantu - hantuan di film ini, karena kengeriannya akan kalian dapatkan dari perilaku para manusianya itu sendiri. Jadi inget pepatah yang bilang kalau manusia itu lebih kejam dari setan.


9. Di Ambang Kematian

Di Ambang Kematian

Rilis di tahun 2023, Di Ambang Kematian berkisah tentang sebuah keluarga yang menerima teror dari pesugihan yang telah mereka lakukan. Teror mengerikan itu dimulai dengan kematian sang ibu, diperankan oleh Kinaryosih, yang tewas mengenaskan di tahun 2002 tepat saat momen tahun baru.

Selang 10 tahun kemudian, giliran anak pertamanya yang bernama Yoga (Wafda Saifan) yang mendapatkan teror sama persis dengan apa yang dirasakan Ibunya dulu. Lantas, bagaimana cara mereka lepas dari teror yang mengintai keluarganya itu? Jawabannnya akan kalian temukan sendiri setelah menonton filmnya.

Jika melihat dari segi cerita, harus diakui kalo Di Ambang Kematian ini punya cerita yang mengesankan, pesannya pun tersampaikan dengan baik ke penonton, hanya saja di beberapa scene-nya masih terasa kurang. Film ini masih punya penyakit film Indo jaman dulu, dimana ada banyak jumpscare yang muncul secara cuma - cuma di tengah film.


10. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

List kali ini saya tutup dengan film Perempuan Tanah Jahanam karya sutradara Joko Anwar yang rilis di tahun 2019 lalu.

Perempuan Tanah Jahanam menceritakan tentang seorang perempuan bernama Maya (Tara Basro) yang kembali ke desa masa kecilnya untuk mencari harta warisan yang ditinggalkan oleh keluarganya. Dengan ditemani oleh teman dekatnya yang bernama Dini (Marissa Anita), mereka pun mencoba untuk menemukan lokasi desa itu yang ternyata terletak di wilayah yang sangat terpencil.

Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat para warganya masih menganut kebudayaan dan tradisi dari nenek moyang mereka. Awalnya mungkin terlihat biasa saja, namun lama - kelamaan mulai muncul peristiwa aneh yang membuat Maya dan Dini merasa curiga dengan apa yang dilakukan oleh para warga disana.

***

Itulah dia kesepuluh film horor terbaik dari Indonesia yang sangat saya rekomendasikan buat kalian tonton. Kira - kira dari 10 film diatas, film mana saja yang sudah pernah kalian tonton? Atau mungkin ada film horor lain menurut kalian yang cocok untuk masuk dalam list ini? Silahkan tulis saja pendapat kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan rekomendasi seputar film dan series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form