Review Film As Above, So Below (2014), Misteri Sihir dan Hal Mistis di Bawah Kota Paris

Review Film As Above, So Below (2014)

As Above, So Below
adalah film horor found footage garapan sutradara John Erick Dowdle yang dirilis di tahun 2014 silam. Jujur saja saya sebenarnya tidak menyukai film bergaya found footage, karena mayoritas filmnya memiliki kualitas dibawah rata - rata dan terkesan boring untuk ditonton.

Tapi, kalau berhasil dieksekusi dengan sempurna, film found footage sebenarnya dapat memberikan pengalaman yang sangat intens kepada para penontonnya. Kita sebagai penonton seolah ikut terlibat dalam setiap peristiwa yang dialami oleh para karakternya, karena pov-nya langsung diambil dari sang kameramen, tanpa edit dan minim cut. Jadi rasanya kayak nonton orang yang lagi nge-vlog.

Rec (2007), The Blair Witch Project (1999), Cloverfield (2018), dan Incantation (2022) adalah beberapa contoh film found footage yang bagus. Dan sepertinya sekarang bertambah lagi satu film found footage yang bagus, sebab As Above So Below ternyata juga sangat worth it buat kalian tonton.

Film ini mengisahkan tentang seorang peneliti muda bernama Scarlett Marlowe (Perdita Weeks) yang berambisi untuk melanjutkan penelitian ayahnya tentang pencarian batu bertuah milik Nicolas Flamel yang diyakini masih ada dan tersembunyi.

Sayangnya, usaha yang dilakukan oleh ayah Scarlett tidak membuahkan hasil, sehingga pada akhirnya dia malah di cap sebagai orang gila dan memilih untuk melakukan bunuh diri. Semenjak itulah Scarlett berusaha keras untuk melanjutkan penelitian ayahnya, sampai pada akhirnya dia mendapatkan petunjuk bahwa batu itu berada di bawah kota Paris yang letaknya berdekatan dengan Katakombe yang dikenal penuh dengan hal - hal mistis di dalamnya.

Buat kalian yang belum tahu, Katakombe Paris adalah sebuah museum tulang belulang manusia terbesar yang ada di dunia. Melansir dari informasi di berbagai media, diperkirakan ada 6 juta tulang belulang manusia yang ditata dengan rapi di tempat itu. Jadi bisa kalian bayangkan betapa luasnya sekaligus mengerikannya tempat itu, karena di setiap sudutnya hanya dipenuhi dengan tengkorak manusia yang seolah selalu memperhatikan setiap langkah kaki kalian.

Untuk menyusuri tempat yang mengerikan itu, Scarlett tentu tidak sendirian. Dia dibantu oleh Benji (Edwin Hodge) sebagai seorang kameramen yang bertugas mendokumentasikan setiap hal yang mereka lakukan, George (Ben Fieldman) sebagai teman dekat Scarlett, serta sebuah tim kecil beranggotakan 3 orang: Papillon (Franqois Civil) , Souxie (Marion Lambert), dan Zed (Ali Marhyar) yang bertugas untuk mengarahkan jalan sekaligus membawa perbekalan yang mereka bawa. 

Dengan persiapan yang matang, mereka berenam akhirnya masuk ke dalam wilayah Katakombe yang paling dalam, sembari berharap bahwa teori Scarlett mengenai batu bertuah bukanlah sebuah omong kosong belaka.

Film ini punya sisi misteri dan adventure yang menarik, dan saya suka bagaimana sisi ceritanya yang tidak dibuat terlalu bertele - tele. Tak seperti film found footage lainnya yang di paruh awal isinya dialog doalng, film ini malah langsung ngasih adegan yang intens di beberapa menit awalnya. Setelah momen itu pun intensitasnya tidak dibuat menurun, karena nanti kalian akan menyaksikan beragam teori dan misteri menarik seputar alkemi dan ilmu sihir melalui dialog yang dilakukan antar karakternya.

Semuanya akan menjadi semakin menarik dan menegangkan setelah Scarlett dan timnya masuk ke dalam Katakombe. Areanya yang sempit serta jalurnya yang gelap dan tidak mudah dipetakan membuat mereka mudah sekali kehilangan arah.

Semakin dalam mereka masuk ke dalam wilayah itu, semakin banyak juga teror yang mereka dapatkan. Uniknya, setiap teror tersebut berhubungan dengan peristiwa kelam yang terjadi di masa lalu mereka. Contohnya seperti teror bel telepon di tengah gua yang berhubungan langsung dengan masa lalu Charlotte saat sang ayah mencoba menghubunginya sebelum dia meninggal bunuh diri.


SCORE

8/10

Menariknya cerita yang disuguhkan membuat film ini sangat sayang untuk kalian lewatkan. Style found footage yang dipakai membuat terornya makin terasa mengerikan, cocok dengan latar tempatnya di gua yang sempit dan gelap membuat film ini menegangkan di setiap menitnya.

Buat kalian pecinta film horor found footage, As Above, So Below adalah salah satu rekomendasi yang sangat wajib buat kalian saksikan.


TRAILER


***

Sekian review film As Above, So Below (2014) dari saya.

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan rekomendasi seputar film atau series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form