Review A Quiet Place: Day One (2024), Awal Mula Bencana Terjadi

Review Film A Quiet Place: Day One

Waktu nonton 2 film A Quiet Place sebelumnya, pernahkah kalian berpikir tentang bagaimana kacaunya keadaan bumi di hari pertama ketika alien itu datang? Pasti bakal seru banget buat ditonton. 

Dan benar saja, di tahun 2024 ini akhirnya muncul juga film prequel dari A Quiet Place yang bersetting di hari pertama ketika invasi itu datang.

Film yang disutradarai oleh Michael Sarnoski ini memfokuskan ceritanya kepada seorang gadis bernama Sammy (Lupita Nyong'o) yang hidupnya sudah diujung hayat berkat penyakit kankernya yang sudah berada di tahap akhir. 

Satu - satunya hal yang membuatnya masih tetap berjuang adalah sepotong pizza Patzy yang sangat ingin dia makan untuk terakhir kalinya. Dengan ditemani oleh kucing kesayangannya, dia pun memulai perjalanan untuk mendapatkan pizza yang sangat dia inginkan.

Masih dengan pendekatan yang sama dengan 2 film sebelumnya, di A Quiet Place: Day One kalian akan disuguhi dengan film genre drama adventure mengenai perjalanan yang harus dilakukan oleh Sammy untuk mendapatkan potongan pizza terakhirnya.

Tapi, film ini nggak sembarangan ngasih drama dan adventure-nya doang, soalnya di dalam filmnya bakal ada banyak juga momen menegangkan yang bikin kalian serasa nonton film horor. 

Ada banyak sekali momen yang bikin napas kalian engap - engapan waktu nonton karena saking tegangnya. Bahkan di menit - menit awalnya saja film ini langsung ngasih momen yang bikin jantung berdegup kencang waktu Sammy berhadap - hadapan langsung dengan alien tersebut dari jarak yang sangat dekat.

Oiya, jangan lupakan juga dengan satu - satunya pahlawan di film ini, yaitu Frodo, kucing kesayangan Sammy yang mendapatkan spotlight besar di sepanjang durasi filmnya. Pemilihan kucing sebagai hewan peliharaan merupakan keputusan yang sangat tepat, sebab kucing merupakan hewan yang jarang bersuara, setiap langkah kakinya juga nyaris tak berbunyi, sehingga wajar jika kucing bisa bertahan hidup dari serangan alien.

Frodo the Cat
Frodo the Cat yang layak dapet piala Oscar :v

Kehadiran Frodo juga memiliki kontribusi besar pada alur ceritanya. Di film ini Frodo lah yang menemukan Sammy dengan Eric (Joseph Quinn) yang nanti akan menjadi partner dalam petualangan Sammy dalam mencari pizza.

Sejak awal kemunculannya, Frodo emang berhasil menyita banyak perhatian, dan saya suka bagaimana film ini mampu memaksimalkan peran dari kucing tersebut dengan baik. 

Di prequel-nya ini keluarga Abbot tidak pernah disinggung, tapi setidaknya ada satu karakter bernama Henri (Djimon Hounsou) yang tampil sebagai karakter penghubung karena dia udah sempat muncul di film A Quiet Place Part II. Peran dari Henri di film ini juga berhasil dimaksimalkan dengan baik, sebab dia lah yang pertama kali menyelamatkan Sammy waktu bus yang ditumpanginya meledak.

Untuk kualitas akting dari pemerannya sebenarnya gaada yang menonjol, paling cuma Sammy doang karena emang dia lah satu - satunya karakter yang punya waktu tampil paling banyak di film ini. Jadi wajar rasanya jika pendalaman karakternya sangat terasa.

Saya bahkan lebih suka akting dari kucing yang memerankan Frodo yang selalu tampil menawan di depan layar. Sepertinya kalau nggak ada Frodo filmnya nggak bakalan bisa sebagus ini.


SCORE

8/10

Total sekarang sudah ada 3 film A Quiet Place yang rilis, dan sejauh ini ketiganya berhasil tampil dengan bagus dan konsisten. 

Overall, A Quiet Place: Day One adalah sebuah prequel yang solid. Filmnya mampu memposisikan dirinya sebagai sebuah prequel dengan tepat, sebab ceritanya tidak terlalu nyabang kemana - mana sehingga masih banyak hal yang bisa digali untuk muncul di part ketiganya.

Film ini secara khusus bertujuan untuk menjawab rasa penasaran kalian ketika membayangkan kekacauan yang terjadi di hari pertama waktu bencana itu terjadi. Dan ya, film ini mampu menampilkannya dengan sangat baik dengan porsi drama dan horornya yang berpadu dengan sempurna.


TRAILER


***

Sekian pembahasan dari saya mengenai film A Quiet Place: Day One (2024).

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan review ataupun rekomendasi seputar film dan series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form