Evil Dead Rise (2023), Film Horor Tersinting Tahun Ini

Review Film Evil Dead Rise

Mengharapkan film horor yang brutal dan beda dari yang lain? Evil Dead Rise dapat menjadi pilihan tepat buat kalian tonton. Film garapan sutradara Lee Cronin ini merupakan film kelima dari franchise Evil Dead. Film keempatnya sendiri sudah dirilis sejak 2013 lalu yang merupakan reboot dari versi originalnya. 

Kini 10 tahun sudah berlalu dan franchise ini akhirnya kembali dihidupkan dengan embel - embel kata "Rise". Meskipun judulnya menandakan kalau film ini merupakan sebuah sekuel, jangan khawatir sebab film Evil Dead Rise ini tidak ada hubungannya dengan film - film Evil Dead sebelumnya. Yang pasti, kalau mau nonton usahakan perut kalian dalam keadaan yang aman terlebih dahulu sebab akan ada banyak sekali adegan yang bisa membuat kalian merasa mual selama durasi film berlangsung.

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari seorang Ibu bernama Ellie (Alyssa Sutherland) dan ketiga anaknya, yaitu Danny (Morgana Daves), Bridget (Gabrielle Echols), Kassie (Nell Fisher), serta adik dari sang Ibu yang bernama Beth (Lily Sullivan). Dikarenakan keadaan ekonomi yang sulit, mereka terpaksa tinggal di sebuah apartemen murahan yang terancam akan digusur dalam beberapa minggu ke depan.

Meskipun hidup dalam situasi yang sulit, mereka tetap menjalaninya dengan penuh bahagia. Suatu hari sebuah gempa bumi melanda wilayah tersebut yang mengakibatkan terbukanya ruang rahasia yang selama ini telah terkunci di area bawah tanah. Kebetulan, saat itu Danny dan kedua adiknya berada di lantai bawah untuk mengantar Pizza dan minuman pesanan Ibunya untuk makan malam bersama.

Melihat ruang misterius itu, Danny langsung melompat ke bawah untuk mencari apakah ada benda berharga yang disimpan di dalamnya untuk kemudian dia jual agar dapat membantu ekonomi keluarganya. Akan tetapi, bukannya mendapatkan benda berharga, dia malah mendapatkan sebuah buku tua yang menyimpan mantra iblis kuno di dalamnya yang siap untuk keluar kapan saja.

Konsep cerita dalam film ini sebenarnya masih memiliki kesamaan dari film Evil Dead sebelumnya. Hanya saja, aturan dalam buku kematian yang ditemukan isinya berbeda - beda. Dalam trilogi film Evil Dead tahun 90-an, orang yang sudah terasuki dapat dibunuh sepenuhnya dengan membunuh buku kematian atau mencincang bagian tubuh mereka dengan menggunakan gergaji mesin (scene paling ikonik dari Evil Dead II). Dalam versi reboot-nya, aturannya berubah lagi dimana orang yang sudah dirasuki ternyata dapat disembuhkan dengan cara dikubur hidup - hidup.

Sekarang, dalam film Evil Dead Rise ini aturannya diubah total lagi dan terkesan lebih mengerikan dari film Evil Dead sebelumnya. Karakter utama seakan dibuat tidak memiliki solusi sama sekali untuk bisa keluar dan selamat secara hidup - hidup. Plot seperti itu terbilang menarik sebab waktu nonton kalian bakal terus memikirkan bagaimana cara dari sang karakter utama untuk bisa selamat, bahkan kalian juga tidak akan memiliki clue tentang karakter mana saja yang bakal selamat sampai akhir film. 

Banyaknya misteri yang dihadirkan menjadi daya tarik yang kuat dari film Evil Dead Rise ini, walaupun sayangnya di bagian ending-nya terasa cukup mengecewakan. Film ini seakan memaksa harus memiliki sekuel sehingga teror dari Naturum Demento tidak benar - benar berakhir di film ini saja. Memang sih itu semua merupakan bagian dari bisnis, tapi menurut saya hal tersebut telah mengacaukan intense-nya teror yang dibangun sejak awal sampai pertengahan film.

Bicara tentang teror, Evil Dead Rise masih memiliki teror yang sama ngerinya dengan film Evil Dead sebelumnya. Bahkan, sepertinya film ini merupakan paket lengkap dari keempat film Evil Dead sebab ada banyak sekali scene ikonik yang kembali diulang di film ini. Seperti contohnya scene gergaji mesin yang menjadi scene paling ikonik dari film Evil Dead II, scene tersebut terulang kembali dalam Evil Dead Rise ini. 

Ada juga scene lain yang bakal menguras ketegangan kalian, contohnya kayak scene ngebor, mukul pake spatula, makan beling, dan yang paling ikonik menurut saya adalah scene parutan yang sukses bikin kaki saya langsung ngerasa ngilu waktu nonton.

Banyaknya scene gore thriller yang hadir memang menjadi salah satu faktor utama mengapa film ini berhasil sukses besar. Bahkan, saya sepertinya masih kurang puas sebab ada beberapa scene yang masih terpotong waktu nonton di bioskop, mungkin karena dianggap terlalu brutal kali ya sampe kena cut padahal ratingnya sendiri udah 17+.

Overall, film Evil Dead Rise ini diperuntukkan bagi kalian yang suka dengan film horor yang dipenuhi dengan adegan gore. Film ini bukan tipe film horor yang nampilin hantu, soalnya bentuk iblisnya sendiri tidak pernah dimunculkan dengan jelas, bentuknya cuma kayak suara doang yang nantinya bakal merasuki orang yang ditemuinya.


SCORE

8,5/10

Dengan intensnya adegan horor thriller yang disuguhkan di sepanjang ceritanya, sejauh ini Evil Dead Rise menjadi film horor thriller paling worth it buat kalian tonton di tahun 2023. 

Oiya, film ini juga baru ditayangkan di bioskop Indonesia mulai tanggal 5 Mei. Jadi, buat kalian yang belum nonton, saya saranin buat langsung aja deh ajak temen kalian buat ikut nonton.

Buat kalian yang sudah menontonnya, silahkan beri pendapat kalian pribadi tentang film ini di kolom komentar di bawah.


TRAILER



Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai film Evil Dead Rise. Apabila ada dari kalian yang ingin menambahkan silahkan beritahu saya di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan review film dan series lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form