The Dive (2023) Review, Film Scuba Diving yang Bikin Merinding

Review Film The Dive (2023)

Di tahun 2022 lalu ada film Fall yang bikin kita takut ketinggian waktu abis nonton. Sekarang muncul lagi film serupa berjudul The Dive yang akan bikin kalian takut buat menyelam.

Film garapan sutradara Maximilian Erlenwein ini menceritakan tentang sepasang saudara bernama Drew (Sophie Lowe) dan May (Louisa Krause) yang sedang menghabiskan waktu liburan mereka dengan menyelam. Akan tetapi, bukannya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, liburan mereka berubah menjadi bencana saat salah satu dari mereka terjebak di dasar laut. 

Premis ceritanya tidak begitu berat, sejak awal film kalian akan langsung disuguhkan dengan konflik yang menjadi akar permasalahan di sepanjang film ini berlangsung, nggak banyak basa - basinya lah pokoknya.

Untuk membuat pengembangan karakternya lebih terasa, Maximilian Erlenwein memberikan beberapa kali momen flashback tentang masa lalu Drew dan May. Tapi, sayangnya momen flash back tersebut kurang memberikan dampak yang besar, sehingga terkesan hanya sebagai penambah durasi doang, bikin ngerasa empati sama karakter utamanya aja kagak.

Untungnya, The Dive masih memberikan fokus ceritanya dengan benar, film ini berhasil menampilkan betapa mengerikannya keadaan ketika manusia terjebak di bawah laut. Saya sangat suka bagaimana film ini menampilkan dekompresi yang ternyata merupakan penyakit yang bisa diderita saat kalian sedang menyelam.

Film ini mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai beragam dampak yang terjadi ketika seseorang mengalami dekompresi. Biar kalian lebih paham, Dekompresi (Caisson Disease) diartikan sebagai sebuah penyakit yang disebabkan oleh gelembung gas yang menyumbat pembuluh darah yang kemudian menyebabkan berkurangnya oksigen ke jaringan organ. Penyakit ini sering terjadi ketika penyelam terlalu cepat naik ke permukaan air.

Saya juga baru tahu mengenai Dekompresi setelah menonton film ini. Ternyata hanya dengan menyelam beberapa puluh meter ke bawah saja sudah bisa mengancam nyawa. Padahal, di bawah laut masih ada ancaman lain yang nggak kalah mematikannya, seperti bertemu dengan ikan predator, kekurangan oksigen, dll.

The Dive memiliki cerita dan konflik yang sangat potensial, namun sayangnya ada banyak sekali kekurangan yang menonjol film ini. Kekurangannya yang paling jelas terletak pada buruknya kualitas aktor dari para pemainnya. Dari awal sampai akhir film ini hanya menampilkan 2 karakter saja, namun kedua orang tersebut ternyata tidak bisa menarik perhatian penonton, akting mereka buruk, dialognya nggak beraturan, bahkan ada banyak scene dimana Drew seperti melakukan hal yang random dan useless, kayak what the f*ck are you doing?

Kekurangan lainnya terletak pada plot ceritanya yang berantakan, khususnya di momen flash back-nya yang terasa tidak ada gunanya. Seperti yang sudah saya singgung di awal, momen flash back di film ini kayak sengaja ditampilin buat nambahin durasi doang, soalnya nggak ada ngasih kontribusi apapun ke dalam cerita. Saya paham sih niatnya ingin memberikan bonding yang jelas antara Drew dan May, tapi ternyata di ending nggak ada pengaruhnya sama sekali. Hubungan mereka ya tetap hambar - hambar aja kayak di awal film.

Jika dibandingkan dengan Fall, saya rasa The Dive masih perlu lebih banyak perbaikan. Karakter dalam film Fall memang melakukan banyak hal yang sama konyolnya, namun setidaknya akting mereka masih menarik untuk disaksikan, ditambah lagi dengan plot twist di tengah filmnya yang membuat Fall terasa lebih nendang. Beda jauh dengan The Dive yang saya rasa tidak memiliki unsur yang menonjol, palingan cuma topik tentang dekompresi, dan itu pun saya rasa masih kurang.


SCORE

5/10

Skor 5 saya berikan kepada The Dive karena membahas mengenai penyakit Dekompresi (Caisson Disease) yang cukup menarik. 

Sepertinya film ini memiliki budget yang minim, karena beragam efek yang hadir terasa sangat minimalis. Tidak terlalu mengecewakan namun masih ada banyak yang bisa ditingkatkan. Semoga saja kualitas film Maximilian Erlenwein ke depannya jadi makin lebih baik lagi.

Tapi kalau disuruh milih antara The Dive atau Fall, saya sudah pasti langsung pilih Fall :v


TRAILER


Buat kalian yang udah menonton filmnya, silahkan langsung saja tulis pendapat kalian mengenai film The Dive di kolom komentar. 

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi film dan serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form