Review The Boogeyman (2023), Monster Kegelapan Pemangsa Anak - Anak

Review Film The Boogeyman (2023)

Dulu waktu kecil saya sering diperingatin untuk tidak berkeliaran di tempat yang gelap, biar nggak diculik setan katanya. Walaupun itu cuma mitos belaka, namun konsep "setan yang suka menculik anak - anak" itu ternyata cukup menarik untuk diadaptasikan ke dalam sebuah film.

Di tahun 2017 lalu contohnya ada film IT yang mengisahkan monster mengerikan yang suka memangsa para anak - anak. Meski topiknya terbilang sederhana, IT berhasil menjadi film horor tersukses di tahun perilisannya.

Film The Boogeyman yang rilis di tahun ini pun memiliki konsep serupa. Film karya sutradara Rob Savage ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang secara misterius mendapatkan teror dari makhluk yang mengerikan semenjak Ibu mereka meninggal. 

Keluarga tersebut terdiri dari seorang ayah bernama Dr. Will Harper (Chris Messina) yang berprofesi sebagai seorang psikolog, dan kedua anaknya yang bernama Sadie (Sophie Thatcher), dan Sawyer (Vivien Lyra Blair). Kepergian sosok seorang ibu membuat kondisi di keluarga tersebut makin terasa kurang harmonis setiap harinya, dan hal itulah yang membuat Boogeyman mulai menghampiri dan memangsa mereka secara perlahan.

Cerita film ini merupakan hasil adaptasi dari cerita pendek berjudul sama karya Stephen King di tahun 1973 silam. Tidak mudah memang mengembangkan sebuah cerita pendek yang sudah jadul menjadi film panjang yang memiliki durasi hampir 2 jam. Maka dari itu, apresiasi yang lebih saya berikan kepada Scott Beck, Bryan Woods and Mark Heyman, karena mereka bertiga mampu meningkatkan kualitas cerita dari film ini sehingga terlihat lebih relevan untuk ditonton di zaman sekarang.

Meihat dari segi cerita, sebenarnya film ini memiliki premis yang kurang lebih sama dengan film horor pada umumnya. Akan tetapi, satu hal yang menjadi spotlight utama untuk film ini yaitu terdapat pada karakter The Boogeyman itu sendiri yang menurut saya berhasil tampil dengan sangat mengesankan. film ini sukses menampilkan karakter monster khasnya sendiri yang membedakannya dengan film horor lainnya.

Karakter Boogeyman di film ini hadir dengan tampilan yang menyeramkan, bentuknya mengerikan, bentuk tubuhnya tidak bisa dideskripsikan dengan jelas, dan saat dia datang suasanya dibuat sangat mencekam, beneran bikin kalian tutup mata dah waktu nonton. Karakternya pun dibuat dengan karakteristik yang sangat khas, contohnya seperti: dapat meniru suara orang lain yang telah dia dengar sebelumnya, hanya berani muncul di tempat yang gelap, dan meninggalkan bekas hitam di setiap area pergerakannya.

Semua hal menarik tersebut secara otomatis membuat film ini terasa lebih spesial, sebab kita sebagai penonton disuguhkan dengan beragam hal baru yang tidak ada di film horor lainnya.

Kualitas akting dari para aktornya pun tidak mengecewakan, khususnya mereka yang memerankan Dr. Will Harper, Sadie dan Sawyer yang sukses membuat film ini tampil dengan menawan hingga akhir durasinya.

Meski film ini terasa cukup mengesankan, sayangnya lambatnya cerita di bagian awal hingga pertengahan film menjadi kekurangan yang jelas saya rasakan saat menontonnya. Film ini juga tidak menggali lebih dalam asal usul dari Boogeyman dan mengapa monster itu hanya menyerang mereka di tengah kegelapan. Padahal, itu bisa menjadi pembahasan yang menarik, sebab penampilan Boogeyman di paruh akhir film sudah sangat mengesankan. Semoga saja kekurangan itu bisa ditutupi jika film ini memiliki sekuel, siapa tahu kan?


SCORE

7/10

Akhirnya bertambah lagi satu film horor bagus di tahun 2023 ini yang wajib buat masuk rekomendasi film kalian. Buat para pecinta film horor, The Boogeyman sudah pasti wajib ada dalam list tontonan kalian.

Buat kalian yang sudah menontonnya, silahkan tulis saja pendapat kalian mengenai film ini di kolom komentar.


TRAILER


Sekian review film The Boogeyman (2023) dari saya. Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini merupakan murni dari opini saya pribadi saja. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung beritahu saya lewat kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi atau review tentang film dan series favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form