Selain Pengabdi Setan, Berikut 5 Film Joko Anwar yang Wajib Kalian Tonton

5 Film Joko Anwar Terbaik

Siapa sih yang tidak kenal dengan Joko Anwar? Salah satu sutradara terbaik asal Indonesia yang sudah mengantongi banyak perhargaan, baik itu secara nasional maupun internasional.

Sudah ada banyak sekali film yang sukses berkat hasil kerasnya, dan puncaknya terjadi di tahun 2017 lalu, tahun dimana film Pengabdi Setan dirilis.

Pengabdi Setan sukses mengubah era film horor Indonesia dari yang sebelumnya hanya berisi horor erotis sampai berubah ke horor modern seperti yang ada di negara - negara barat. Saya sendiri sangat senang dengan perubahan itu, mengingat bahwa ada banyak sekali peminat film horor di negara ini dan sekarang sudah saat yang tepat untuk memperbaiki meningkatkan kualitasnya.

Akan tetapi, sebenarnya film karya Joko Anwar tak sebatas di Pengabdi Setan saja. Ada banyak film Joko Anwar lainnya yang sangat menarik buat kalian saksikan. Berikut ini adalah 5 diantaranya.


5 FILM JOKO ANWAR TERBAIK

1. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang

Seorang seniman biasanya memiliki ciri khasnya sendiri dalam karyanya untuk membedakan hasil kerja keras mereka dengan para seniman lainnya. Hal itu juga yang coba dilakukan oleh Gambir (Fachry Albar) dalam film Pintu Terlarang.

Untuk mempercantik setiap karya seni patungnya, Gambir memiliki triknya sendiri yang terbilang unik namun juga menjijikkan di waktu yang bersamaan. Entah apa yang sebenarnya Joko Anwar pikirkan waktu memutuskan untuk memproduksi film ini, terbilang agak berani tapi hasilnya sukses bikin saya terpesona waktu menontonnya.

Cerita film ini diadapasi dari novel berjudul sama karangan Sekar Ayu Asmara. Jujur saja saya belum membaca novelnya, tapi kalo melihat dari cerita di filmnya saja udah sebagus ini, pasti di novelnya juga sama bagusnya.

Fachry Albar berhasil tampil dengan briliant di film ini, dan itulah salah satu alasan mengapa Pintu Terlarang sangat sayang untuk kalian lewatkan. Saya sangat suka dengan perannya sebagai Gambir yang terlihat berkharisma di hadapan banyak orang, namun ketika sendirian dia tampak lebih mengerikan daripada seorang psikopat.

Karakternya yang dibangun dengan perlahan, ditambah dengan alur ceritanya yang tidak mudah ditebak menjadi salah satu alasan mengapa Pintu Terlarang ini wajib banget buat ada di list kalian.



2. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Joko Anwar kembali mengulang kesuksesannya di industri film horor Indonesia dengan merilis film Perempuan Tanah Jahanam pada tahun 2019 lalu.

Film ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Maya (Tara Basro) yang ingin mengunjungi rumah masa kecilnya untuk mengambil warisan dari keluarganya. Tak disangka - sangka, tempat yang dia tuju ternyata terletak di dalam hutan dan sangat jauh dari keramaian kota.

Ditemani oleh sahabatnya yang bernama Dini (Marissa Anita), Maya memutuskan untuk menginap beberapa hari di desa itu sambil mencari harta warisan dari keluarganya yang mungkin masih bisa dimanfaatkan. Tapi, semakin lama mereka ada di desa itu, beragam kejadian aneh mulai terjadi, hingga pada akhirnya mereka sadar bahwa ada sebuah rahasia di desa itu yang sebaiknya tidak mereka ketahui.

Jika dibandingkan dengan Pengabdi Setan, Perempuan Tanah Jahanam memang tidak memiliki banyak scene horor yang menyeramkan. Akan tetapi, film ini akan membuat kalian merasa ngeri dan takut dengan scene - scene disturbingnya. Jadi, buat kalian pecinta film gore slasher, Perempuan Tanah Jahannam ini mungkin cocok dengan selera kalian.


3. Gundala

Gundala

Seolah tak puas dengan kesuksesan yang dia peroleh di film horornya, Joko Anwar akhirnya beranjak dari genre horor ke genre superhero. Awal perjalanannya di film superhero dimulai dari Gundala yang rilis di tahun 2019 lalu.

Film yang merupakan bagian dari project besar Jagat Sinema Bumilangit ini memang sangat diantisipasi oleh para penggemar di awal perilisannya. Terlebih lagi, saat itu film dengan genre superhero sedang berada di fase puncaknya. 

Gundala mengisahkan tentang seorang anak bernama Sancaka (Abimana Aryasatya) yang secara misterius mendapatkan kekuatan super setiap dia tersambar oleh petir. Kekuatannya tersebut akhirnya dia gunakan untuk menumpaskan setiap kejahatan yang dia temui.

Sekilas Gundala memang tampak seperti film origin superhero pada umumnya. Akan tetapi, yang membuat film ini terasa lebih spesial adalah berkat banyaknya adegan bela diri khas Indonesia yang berhasil ditampilkan dengan ciamik. 

Seni bela diri tradisional Indonesia di film ini berhasil berpadu dengan unsur superhero yang menjadi konsep utama di filmnya, menjadikannya sebuah film superhero yang unik dan fresh dari Indonesia.
 

4. Kala

Kala

Kala merupakan film bergaya noir pertama di Indonesia yang rilis di tahun 2007 silam. Film ini mengisahkan tentang seorang anggota polisi dan wartawan yang mencoba memecahkan sebuah misteri pembunuhan. Akan tetapi, semakin dalam mereka mencoba mencari kebenarannya, semakin besar juga resiko yang mereka terima.

Meski memiliki style yang berbeda jauh dari mayoritas film Indonesia yang rilis di tahun itu, Kala tetap berhasil memukau para penontonnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya ulasan positif yang diberikan oleh para kritikus, bahkan film ini sukses masuk ke dunia internasional dan meraih berbagai penghargaan.

Salah satu hal yang suka dari Kala adalah gaya sinematografinya yang pelan namun tetap menarik untuk dilihat di sepanjang durasinya, padahal biasanya film dengan fase cerita yang pelan kayak begini bakalan bikin ngantuk, tapi itu nggak berlaku buat Kala.

Buat kalian pecinta film mystery yang erat hubungannya dengan para detektif, film ini layak masuk dalam list kalian.


5. Modus Anomali

Modus Anomali

Liburan keluarga memang tidak selamanya menyenangkan, seperti halnya dengan apa yang dialami oleh John Evans (Rio Dewanto) di film ini yang malah harus kehilangan keluarganya di tengah liburan.

John sendiri tidak ingat jelas bagaimana kejadian mengerikan tersebut terjadi. Entah bagaimana dia tiba - tiba terbangun di dalam lubang galiannya sendiri, dan secara mengejutkan menemukan mayat keluarganya di sebuah pondok lengkap dengan sebuah rekaman yang menampilkan kegiatan liburan mereka.

Seperti yang sudah kalian duga, film ini memang memiliki unsur misteri yang kental. Sejak awal film saja kalian sudah dibuat bertanya - tanya dengan apa yang terjadi kepada John, akankah dia yang membunuh keluarganya sendiri? Ataukah ada seorang psikopat diluar sana yang menjadi pelakunya? Jawabannya bisa kalian temukan sendiri setelah menonton filmnya.

***

Itulah 5 film karya Joko Anwar yang wajib buat kalian tonton. Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini sepenuhnya berasal dari opini saya pribadi saja. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung saja tulis di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi film dan serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form