Wajib Tonton, Berikut List 10 Film Terbaik Sepanjang Masa

List 10 Film Terbaik Sepanjang Masa

Pembahasan mengenai dunia sinema memang tidak akan pernah ada habisnya. Hal itu dikarenakan setiap harinya ada banyak sekali film yang rilis diluar sana dengan konsep dan alur cerita yang berbeda - beda.

Nah, dari banyaknya film yang telah ada selama ini, dalam postingan ini akan saya rangkum 10 film yang terbaik versi saya. 

Tapi, sebelum masuk ke dalam pembahasannya, perlu saya jelaskan bahwa seluruh list film dalam postingan ini merupakan murni dari opini saya pribadi saja. Harap dimaklumin kalo sebagian besar list-nya isinya film thriller semua, karena saya emang suka nonton genre thriller.

Okelah, tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja kita masuk ke dalam pembahasannya.


1. The Platform (2019)

The Platform

Hidup di penjara yang normal saja rasanya sudah cukup menyiksa, apalagi kalau penjaranya vertikal seperti yang ada di film The Platform ini.

Film berbahasa spanyol yang rilis di tahun 2019 lalu ini mengisahkan seorang pria bernama Goreng yang secara sukarela masuk ke dalam penjara vertikal untuk mendapatkan sebuah sertifikat. 

Di hari pertamanya di penjara itu, Goreng terbangun di sel beton yang tertulis angka 48 di dindingnya. Trimagasi yang merupakan rekan satu selnya mengatakan bahwa angka tersebut menandakan bahwa mereka berada di lantai 48.

Setiap harinya, makanan yang mereka dapatkan akan bergerak dari lantai 1 ke lantai berikutnya, yang artinya jika Goreng berada di lantai 48, maka makanan yang dia dapat merupakan hasil sisa dari 47 lantai yang berada di atasnya.

Para tahanan hanya diberi waktu selama beberapa menit sebelum platform tersebut bergerak turun menuju lantai selanjutnya, dan jika mereka mencoba menyimpan makanan, maka sel mereka akan menjadi panas atau dingin dalam waktu yang sangat cepat.

Selain menyajikan cerita yang cukup unik, The Platform ini juga memiliki banyak sekali makna di dalamnya, salah satunya tentang kesenjangan sosial yang terjadi di kehidupan nyata.


2. Greyhound (2020)

Greyhound

Ada banyak sekali film bertema peperangan yang sangat recommended buat kalian lihat, dan Greyhound ini merupakan salah satunya.

Greyhound mengisahkan tentang perang atlantik yang terjadi selama perang dunia kedua. Perang ini terjadi saat kapal - kapal sekutu yang membawa pasukan dan bahan makanan melintas area samudra Atlantik yang dikenal dengan nama Black Pit. 

Area tersebut berada di luar jangkauan serangan udara sehingga kapal - kapal yang melintas harus berjuang sendirian melawan U-Boat (kapal selam) dari pihak musuh yang telah bersiap mencari mangsa.

Greyhound menjadi film perang yang paling saya sukai, karena dari awal sampai akhir film ini selalu memberikan ketegangan yang tiada henti. Saya sebagai penonton seolah ikut masuk ke dalam zona perang karena saking detailnya peristiwa yang terjadi di sepanjang film ini berlangsung.


3. Interstellar (2014)

Interstellar

Interstellar
merupakan film sci-fi karya Christopher Nolan yang rilis di tahun 2014 silam. Meski sekarang usia dari film ini sudah lebih dari 8 tahun sejak masa perilisannya, namun anehnya kepopuleran dari Interstellar tak pernah turun sedikitpun. 

Bahkan, film ini rasanya baru rilis beberapa bulan yang lalu karena ada banyak sekali orang yang masih membicarakannya sampe sekarang.

Interstellar mengisahkan tentang seorang astronot bernama Cooper (Matthew McConaughey) yang ditugaskan untuk mencari planet baru karena bumi sudah tidak layak huni.

Film ini memiliki banyak sekali keunggulan, baik dari segi ceritanya yang sangat realistis, musiknya yang megah, dan akting dari pemerannya yang tak kalah bagusnya.

Jika kalian mencari film sci-fi yang sangat memorable, maka Interstellar inilah salah satu jawabannya.


4. The Exorcist (1973)

The Exorcist

Meskipun versi reboot-nya baru saja muncul tahun ini, namun bagi saya versi originalnya tetap tidak bisa tergantikan.

Saking bagusnya, film yang rilis tahun 1973 ini bahkan dianggap sebagai film yang menaikkan kualitas genre horror di masanya. Saya sebagai penikmat film horror pun bisa merasakannya, karena ada banyak sekali keunggulan yang ada di The Exorcist, baik dari segi ceritanya yang berkelas, maupun akting dari para aktornya yang patut diacungi jempol.

Buat para pecinta film horror, sudah pasti The Exorcist ini menjadi salah satu film yang wajib kalian tonton setidaknya sekali seumur hidup kalian.

 

5. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption
adalah film yang membuat saya mulai menyukai genre drama kriminal. Sebelum menemukan The Shawshank Redemption, saya kira film drama kriminal itu punya alur cerita yang lambat dan membosankan, tapi ternyata film ini berhasil menangkis ekspektasi saya itu dengan mentah - mentah.

The Shawshank Redemption memang memiliki alur yang lambat, tapi begitu menariknya ceritanya tersaji di film ini membuat perhatian saya terus terpaku ke layar saat menontonnya.

Film ini mengisahkan tentang seorang pegawai bank bernama Andy Dufresne (Tim Robbins) yang dituduh melakukan pembunuhan terhadap istri dan selingkuhannya. Sebagai hukumannya, Andy pun dijebloskan ke penjara Shawsank yang memiliki keamanan sangat ketat karena alibi yang diajukan oleh Andy dianggap tidak masuk akal oleh hakim. Selama di penjara Shawshank itulah kisah dari Andy dimulai. 

Jika dilihat secara sekilas, cerita tentang seorang narapidana yang diangkat dalam film ini memang terdengar sangat klise, tapi percayalah, setelah menontonnya kalian pasti akan merasa sangat lega karena saking bagusnya cerita dan pesan yang berhasil tersampaikan dengan jelas.


6. Se7en (1995)

Se7en

Suka dengan film detektif? Coba aja deh nonton film yang satu ini.

Film karya David Fincher yang rilis di tahun 1995 ini banyak digadang - gadang sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa karena alur ceritanya yang seru dan tidak mudah untuk kalian tebak.

Se7en mengisahkan tentang seorang detektif muda, David Mills (Brad Pitt), dan seniornya, Letnan William Somerset (Morgan Freeman) yang berusaha mengungkap serangkaian kasus pembunuhan yang terjadi di wilayahnya.

Tidak seperti kasus pembunuhan pada umumnya, motif dan barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian sangatlah minim. Ditambah lagi,adanya clue tentang 7 dosa besar manusia yang ditinggalkan oleh sang pelaku dalam setiap aksinya membuat kasus tersebut semakin rumit untuk dipecahkan.


7. You Are the Apple of My Eye (2011)

You Are the Apple of My Eye

Jika bicara tentang film romansa, You Are the Apple of My Eye inilah film terbaik yang bisa saya rekomendasikan kepada kalian. Tapi, yang saya tonton ini bukanlah versi originalnya, melainkan versi remake dari negara Jepang karena waktu itu saya cuma pengen nonton Yuki Yamada doang yang perannya sebagai Murayama di film High and Low sangat memorable.

Balik lagi ke topik utamanya, You Are the Apple of My Eye mengisahkan kisah romansa dari sepasang remaja SMA hingga kehidupan masa dewasa mereka. Film ini seolah membenarkan anggapan orang - orang bahwa masa SMA itu merupakan masa yang paling indah, karena ya faktanya memang begitu.

Salah satu faktor yang membuat film ini begitu memorable bagi saya adalah karakter Kosuke yang terlihat sangat mirip dengan saya waktu masih SMA. Kosuke ditampilkan sebagai seorang siswa SMA biasa yang kehidupannya berubah drastis setelah mengenal cinta.

Susah senang kisah romansa remaja SMA benar - benar tersaji dengan indah di film ini, bikin senyum - senyum sendiri deh pokoknya.


8. Avatar (2009)

Avatar

Jika berbicara tentang film terbaik sepanjang masa, tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Avatar ke dalamnya. Yap, film karya James Cameron ini memang sudah terkenal seantero dunia karena kualitasnya yang sangat memanjakan mata.

Avatar menceritakan tentang Jake Sully (Sam Worthington) yang diutus untuk menjalankan serangkaian penelitian di planet Pandora demi kemajuan umat manusia. Sumber daya di planet Pandora memang sangatlah berlimpah sehingga umat manusia ingin memanfaatkannya demi kemajuan teknologi dan bisnis mereka. Dari situlah konflik antara manusia dengan rakyat Pandora bermula.

Selain menyuguhkan konflik yang menarik antara umat manusia dengan rakyat Pandora, hal yang paling menarik dari film ini adalah panorama planet Pandoranya yang begitu indah.


9. Memento (2000)

Memento

Film terbaik versi saya selanjutnya yaitu Memento karya Christopher Nolan yang rilis tahun 2000 silam.

Memento mengisahkan tentang seorang pria bernama Leonard (Guy Pearce) yang menderita penyakit ingatan jangka pendek setelah kepalanya terbentur saat bertarung dengan perampok yang masuk ke dalam rumahnya. Peristiwa perampokan itu juga menewaskan istrinya, yang pada akhirnya membuat Leonard berjuang mati - matian melawan keterbatasan ingatannya untuk membalaskan dendam.

Penyakitnya tersebut sangat merepotkan, karena setiap beberapa menit Leonard akan mendadak kehilangan ingatannya sendiri. Untuk membuatnya tetap ingat akan misi utamanya, Leonard pun mentato tubuhnya dengan segala informasi yang telah dia temukan.

Satu hal yang sangat saya suka dari film ini yaitu uniknya alur ceritanya berjalan. Memento berhasil menggabungkan alur ceritanya yang bergerak maju dan mundur secara bersamaan, sehingga membuat penonton selalu penasaran dengan peristiwa yang akan terjadi dalam setiap menitnya. Pokoknya setiap Leonard kehilangan ingatan, akan ada kejutan yang bisa kalian saksikan.

Alurnya benar - benar unik, karena sampai sekarang saya belum pernah menemukan satu film pun yang memiliki alur serupa dengan Memento. Agak sulit memang kalo disuruh njelasin tanpa ngasih spoiler, jadi kalo kalian penasaran mending kalian tonton sendiri aja deh filmnya.


10. Fiksi (2008)

Fiksi

Fiksi merupakan film drama romansa thriller asal Indonesia yang rilis pada tahun 2008 silam. Fiksi merupakan film Indonesia terbaik yang pernah saya tonton berkat atmosfer di dalamnya yang sangat terasa menyejukkan, menonton film ini rasanya seperti membaca sebuah novel dengan iringan lantunan musik yang indah di sepanjang durasinya.

Tak hanya itu, alur cerita yang disuguhkan pun tidak kalah bagusnya. Tak seperti film Indonesia pada umumnya yang hanya stuck di dalam satu genre saja, Fiksi berani memadukan banyak sekali genre di dalamnya dan uniknya film ini berhasil menyajikan porsi dari banyak genre tersebut secara seimbang. Kalian akan melalui banyak hal ketika menonton film ini, dramanya ada, romansanya ada, horror-nya ada, bahkan ada genre thriller-nya juga yang bakal bikin adrenalin kalian makin memuncak.

Sejauh ini, baru Fiksi lah satu - satunya film Indonesia yang berhasil memukau saya dari awal sampai akhir durasi filmnya.

***

Itulah List 10 Film Terbaik Sepanjang Masa versi saya. Perlu kalian ingat bahwa seluruh list dalam postingan ini saya buat berdasarkan opini saya pribadi saja. 

Maka dari itu, silahkan tulis saja list 10 film terbaik versi kalian di kolom komentar jika sekiranya ada film favorit kalian yang tidak masuk dalam list kali ini.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan rekomendasi seputar film dan serial favorit lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form