5 Film Horor Indonesia Terbaik di Tahun 2023, Dijamin Bikin Merinding

List 5 Film Horor Indonesia Terbaik di Tahun 2023

Tahun 2023 menjadi tahun yang cukup baik bagi industri film di Indonesia. Pasalnya, di sepanjang tahun 2023 ada banyak sekali film Indonesia yang berkualitas dari berbagai genre, mulai dari genre horor, thriller, drama, bahkan genre - genre yang masih terdengar asing kayak phychological thriller juga udah mulai bermunculan.

Nah, terkhusus untuk genre horor, di postingan ini telah saya rangkum 5 Film Horor Terbaik yang rilis di tahun 2023. 

Sebelum masuk ke pembahasannya, perlu saya kasih disclaimer dulu bahwa film - film yang ada di list ini sepenuhnya hanya berasal dari opini saya pribadi. Jadi jika kalian punya list sendiri ya silahkan tulis saja di kolom komentar.

Tanpa berbasa  - basi, mari langsung saja kita masuk ke pembahasan utamanya:


5 FILM HOROR INDONESIA TERBAIK TAHUN 2023

1. Pamali: Dusun Pocong

Pamali Dusun Pocong

Pamali: Dusun Pocong
merupakan sekuel dari film Pamali yang rilis di tahun 2022 lalu. Dan secara mengejutkan, film ini mampu memberikan banyak sekali peningkatan jika dibandingkan dengan film pertamanya.

Masih disutradarai oleh Bobby Prasetyo, Pamali: Dusun Pocong mengisahkan tentang sekelompok petugas medis yang ditugaskan untuk menangani sebuah penyakit aneh yang melanda di sebuah desa yang sangat terpencil.

Namun, tidak seperti penyakit yang mereka tangani biasanya, penyakit yang melanda di desa tersebut sangat sulit diterima oleh akal sehat. Banyak kejanggalan yang terjadi, salah satunya yaitu adanya mayat hidup yang bangkit dari kubur.

Tak hilang akal, mereka pun mencoba menggali lebih dalam penyebab dari semua kejanggalan itu. Lantas apa yang sebenarnya terjadi di desa itu? Jawabannya bisa kalian temukan sendiri setelah menonton filmnya.

Sebagai sebuah sekuel, Pamali: Dusun Pocong mampu memberikan kejutan yang lebih seru bagi para penontonnya. Seperti yang sudah saya bilang di awal, film ini punya banyak sekali peningkatan, mulai dari plot ceritanya yang makin solid, porsi horornya yang tidak berlebihan, hingga kualitas akting dari para aktornya yang nggak buruk juga.


2. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul

Setelah berhasil membuat film horor Indonesia terlaris sepanjang masa, di tahun 2023 Awi Suryadi kembali menghadirkan film horor yang ternyata sangat menarik buat kalian saksikan. Meski nggak berhasil jadi film terlaris lagi, tapi setidaknya kali ini kualitasnya beneran bagus.

Sudah banyak film horor Indonesia yang membahas tentang Pocong, dan ternyata tema yang cukup usang tersebut masih bisa digali lebih jauh lagi di film ini. Plot ceritanya yang spesifik ke Pocong Gundul sangat menarik dan tergolong fresh, jarang - jarang kan kalian denger nama Pocong Gundul, cuma di film ini aja. 

Saya memang bukanlah penonton Kisah Tanah Jawa, hanya tau namanya doang tapi jarang banget nonton konten - kontennya, dan menurut saya film ini cukup membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang KTJ, khususnya pada karakter Om Hao yang di film ini berhasil mendapatkan spotlight yang bagus. 

Buat para fans Kisah Tanah Jawa, film ini adalah pemuas dahaga yang tepat buat kalian.


3. Sewu Dino

Sewu Dino

Setelah kepopuleran KKN di Desa Penari, rasanya makin banyak film horor Indonesia yang mengadaptasi ceritanya dari thread twitter, Sewu Dino adalah salah satu contohnya.

Film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel dan dirilis pada 19 April lalu ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Sri yang mendapatkan pekerjaan untuk menjadi pembantu di keluarga Atmojo yang terkenal sangat kaya raja. Tak disangka, Sri secara ajaib langsung terpilih hanya karena dia lahir pada hari Jumat Kliwon.

Akan tetapi, pekerjaan yang didapat Sri ternyata tidak semudah yang dia bayangkan. Dia ternyata ditugaskan untuk merawat Dela Atmojo, cucu dari Mbah Karsa Atmojo yang sedang terkena serangan santet Sewu Dino yang mematikan. 

Selama satu minggu lamanya, Sri harus rutin memandikan dan melakukan ritual agar roh jahat yang mendiami tubuh Dela tetap tenang. Santet itu harus segera mungkin dilepaskan sebelum melewati hari ke 1000, karena jika sampai terlewat nyawa mereka lah yang akan terancam.

Sewu Dino menyajikan konsep horor yang cukup menarik, sebab film ini mampu membuat kalian merinding meski tidak memiliki banyak momen jumpscare, udah kayak film - film horor dari eropa.


4. Mangkujiwo 2

Mangkujiwo 2

Mau film horor yang punya banyak adegan sadis? Mangkujiwo lah jawabannya.

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya di tahun 2023 sekuel dari Mangkujiwo dirilis juga. Masih melanjutkan kisah dari film pertamanya, Mangkujiwo 2 mengisahkan tentang Uma yang masih mengalami trauma setelah kematian Cokrokusumo yang merupakan ayah kandungnya sendiri. 

Sembari menghadapi traumanya yang semakin parah, Uma secara perlahan mencoba mencari jawabanatas keterlibatan Kuntilanak di dalam hidupnya.

Jika dibandingkan dengan film pertamanya, Mangkujiwo 2 memang memiliki lebih banyak adegan sadis dan brutal. Baru beberapa menit filmnya dimulai aja kalian udah bisa menyaksikan adegan pembantaian yang cukup bikin ngilu, apalagi ntar waktu Kuntilanaknya nongol, bakal lebih brutal lagi adegannya.

Meski banyak yang mengkritik film ini kalau plotnya kurang seru, tapi overall Mangkujiwo 2 masih sangat layak buat kalian saksikan, jangan sampai melewatkan adegan post credit scene-nya yang memiliki koneksi dengan Kuntilanak Julie Estelle.


5. Suzanna: Malam Jumat Kliwon

Suzanna Malam Jumat Kliwon

Sudah cukup film horor yang serius, mari tutup list kali ini dengan film horor yang lebih ringan buat kalian tonton. Yap, seperti judulnya, Suzanna: Malam Jumat Kliwon adalah remake dari film berjudul sama yang rilis pada tahun 1986 silam.

Tak seperti kebanyakan film remake lainnya yang gaya sinematografi dan alur ceritanya sangat berbeda secara signifikan, Suzanna: Malam Jumat Kliwon masih tetap mempertahankan beberapa originalitas dari film aslinya. 

Gaya sinematografinya masih dibuat mirip dengan film era tahun 1986, meski kualitas gambarnya udah kayak film jaman sekarang. Kimo Stamboel sebagai sutradara cukup berhasil dalam membawa atmosfer tahun 1986 ke dalam film ini. 

Hal ini terlihat jelas dari keadaan desanya, dialog dari para karakternya, hingga tradisi dan budayanya yang semuanya benar - benar dibuat mirip dengan film originalnya, berasa dibuat nostalgia sama film jaman dulu meski waktu itu saya belum lahir.

Tak hanya menyuguhkan genre horor saja, unsur komedi dan drama yang terselip di film ini terpadu dengan sangat sempurna. Komedinya dapet, dramanya dapet, horornya pun dapet, paket lengkap dah pokoknya.

Jika kalian nyari film horor yang bisa bikin merinding sekaligus ketawa juga, Suzanna: Malam Jumat Kliwon ini adalah film yang tepat buat kalian tonton.

***

Itulah 5 film horor Indonesia terbaik di tahun 2023 versi saya. Dari kelima film diatas, mana aja yang udah kalian tonton? Tulis jawaban kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar film atau series lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form