Review Midnight Mass, Horor Religi yang Mencari Arti Kematian

Review Series Midnight Mass (2021)

Buat kalian pecinta series horor pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Mike Flanagan. Beliau adalah orang dibalik kesuksesan series The Haunting of Hill House yang sampai saat ini masih menjadi salah satu series horor terbaik.

Sejak awal karirnya, Mike Flanagan memang memiliki passion di genre horor. Banyak sekali film dan series horor buatannya yang sukses mendunia. Dan dari sekian banyaknya karya yang telah dia buat, kali ini saya akan mengulas salah satu mini series buatannya yang rilis tahun 2021 lalu. Seperti yang sudah kalian lihat di judul, series yang saya maksud yaitu Midnight Mass.

Midnight Mass merupakan serial original netflix yang memiliki total 8 episode dengan durasi hampir satu jam dalam setiap episodenya. Series ini mengisahkan tentang seorang mantan narapidana bernama Riley Flynn (Zach Gilford) yang kembali pulang ke kampung halamannya, Crockett Island, setelah menjalani masa tahanannya.

Terletak tepat di tengah lautan, Crockett Island sebenarnya hanyalah pulau kecil yang hanya dihuni oleh beberapa puluh orang saja. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan, dan karena wilayah pulaunya yang kecil, para penduduknya pun sudah saling dekat layaknya saudara.

Bersamaan dengan kedatangan Riley di pulau itu, datang juga seorang pastor muda yang kerap dijuluki dengan father Paul Hill (Hamish Linklater) yang ternyata diutus untuk menggantikan pastor lama mereka yang kini sakit dan sedang dirawat di pulau utama. Selaras dengan penampilannya yang masih sangat muda dan bugar, pastor itu mulai memberikan perubahan yang signifikan kepada gereja sehingga mengundang banyak jemaah untuk datang kesana.

Semenjak kedatangan pastor Paul di Crockett Island, banyak mukjizat mulai terjadi, sampai puncaknya yaitu di saat gadis bernama Leeza (Annarah Cymone) yang mendadak bisa berjalan padahal dia divonis mengalami kelumpuhan total. Mukjizat lainnya juga terjadi kepada para lansia yang mulai merasa bahwa fisik mereka semakin bugar seperti saat mereka masih muda.

Namun, ternyata beragam keajaiban itu memiliki konsekuensi besar karena father Paul sebenarnya punya rahasia besar dibalik kedatangannya ke Crockett Island. Lantas, sebenarnya apa tujuan father Paul Hill yang sebenarnya? Jawabannya akan kalian temukan setelah menonton series-nya.

Masih dengan formula yang biasa dibawakan oleh Mike Flanagan di setiap karyanya, di Midnight Mass ini terdapat juga beragam misteri yang dia hadirkan sejak awal untuk membuat kalian bertanya - tanya mengenai kelanjutan dari alur ceritanya.

Menonton series ini tuh rasanya kayak membuka sebuah kado, karena meski kalian tahu inti ceritanya sejak awal, alur dan konfliknya tetap akan mengejutkan dan tidak bisa kalian tebak dengan mudah. Ada banyak twist yang perlahan muncul di tiap episodenya yang membuat arah ceritanya susah diprediksi. Namun tenang saja, tiap plot twist yang muncul tersebut tidak ditampilkan secara asal, karena setiap twist memiliki peran yang kuat ke dalam ceritanya.

Unsur religi yang dibawakan lewat karakter father Paul Hill juga benar - benar tersaji dengan maksimal. Ada banyak sekali potongan ayat yang ditampilkan di sepanjang dialognya, meski saya tidak begitu memahaminya karena saya beragama islam. Tapi tetap kerasa kok atmosfernya, mirip - mirip lah kayak dengerin ustadz lagi ceramah.

Series ini mencoba mempertanyakan tentang ada tidaknya dunia setelah kematian, atau yang biasa kita kenal dengan alam akhirat. Poin ini tampak jelas lewat karakter Riley yang ditampilkan sebagai seorang atheis setelah dia secara tidak sengaja membunuh seorang gadis dalam sebuah kecelakaan.

Rasa bersalahnya itu kemudian membuatnya ragu akan adanya kekuasaan Tuhan, sebab dia masih tidak menemukan jawaban mengapa dia yang dalam keadaan mabuk bisa selamat dengan luka goresan saja sedangkan gadis yang tidak bersalah harus meninggal akibat kelalaiannya.

Sangat menarik bagaimana melihat manusia mencoba untuk berkomunikasi dengan Tuhan di series ini. Ada karakter yang benar - benar mengimani setiap ajaran-Nya, bahkan ada juga yang memainkan ayat - ayat Tuhan sesuai dengan keinginan dan tujuan pribadi mereka.


SCORE

9/10

Banyaknya pesan yang terkandung di dalamnya, ditambah dengan plot-nya yang tidak bisa ditebak membuat series ini sangat menarik buat kalian saksikan. 

Series ini juga sedikit menyinggung tentang diskriminasi yang didapat oleh pemeluk agama islam setelah tragedi 9/11, dan menurut saya Mike Flanagan sudah tepat dalam memposisikan agama islam di series ini lewat karakter Sheriff Hassan (Rahul Kohli) yang perannya benar - benar luar biasa, pokoknya perfect dah.

Dengan hanya berjumlah 8 episode saja, Midnight Mass tidak akan membuang banyak waktu kalian. Jadi, cocok banget deh ditonton waktu weekend buat sekedar mengisi waktu luang.


TRAILER


***

Sekian pembahasan dari saya mengenai series Midnight Mass (2021). Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan review dan rekomendasi seputar film atau series lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form