10 Film Dengan Ending yang Tidak Bisa Ditebak

List 10 film dengan ending yang susah ditebak

Menonton film dengan alur yang susah ditebak memang sangat menyenangkan. Kita sebagai penonton seolah selalu dibuat penasaran mengenai beragam peristiwa yang akan terjadi di sepanjang filmnya.

Lebih serunya lagi pas nyampe ending ternyata tebakan yang sudah kita pikirkan sejak awal berhasil dipatahkan. Sensasinya itu tidak akan bisa dideskripsikan dengan mudah.

Nah, dalam postingan ini sudah saya rangkum nih 10 film dengan ending yang pasti tidak akan bisa kalian tebak dengan mudah. Tanpa berbasa basi lagi, mari langsung saja kita masuk ke dalam pembahasannya.


1. Under the Silver Lake

Under the Silver Lake

Under the Silver Lake
mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Sam (Andrew Garfield) yang mencoba mencari jawaban dibalik hilangnya seorang gadis yang merupakan tetangga sekaligus teman dekatnya. 

Meski tidak ada seorang pun yang mempercayainya, Sam terus berusaha untuk menemukan keberadaan tetangganya itu dengan hanya mengandalkan potongan teka - teki yang secara khusus ditujukan kepadanya.

Under the Silver Lake merupakan film hasil rumah produksi A24, dan seperti yang telah kalian tahu bahwa mayoritas film A24 itu pasti punya cerita yang tergolong unik, dan film ini adalah salah satu contohnya.

Meski mengusung tema detektif, Under the Silver Lake tak akan membuat kalian pusing dengan beragam misterinya. Malahan, kalian akan dibuat takjub dengan beragam konspirasinya yang liar dan berbahaya. Buat para pecinta teori konspirasi sih pasti bakal suka sama film ini.


2. Uncut Gems

Uncut Gems

Siapa sih yang nggak suka dengan berlian? Salah satu barang paling berharga di muka bumi ini memang sering diperebutkan karena harganya yang sangat fantastis. 

Namun, dibalik semua keindahannya itu, permata ternyata bisa membawa malapetaka kepada pemiliknya, seperti yang dirasakan oleh Howard Ratner (Adam Sandler) di film ini.

Howard merupakan seorang pemilik toko permata. Tapi, dibalik gemilaunya toko permatanya itu ternyata ada banyak sekali hutang dibaliknya akibat kebiasaan buruk Howard yang sering kalah dalam berjudi.

Untuk bertahan hidup, Howard pun menghalalkan segala cara untuk mencari uang, sampai akhirnya datanglah sebuah permata yang dia yakini bisa merubah nasibnya dalam sekejap.

Uncut Gems ini punya cerita yang sangat bagus, sangat relate dengan kehidupan nyata, dan ada banyak sekali pembelajaran yang bisa kalian ambil di dalamnya. Ending-nya pun saya jamin nggak bakal bisa kalian tebak, saya aja cuma bisa melongo doang pas udah kelar filmnya karena saking nggak nyangkanya dengan ending filmnya.


3. Memento

Memento

Leonard Shelby (Guy Pearce) berniat untuk mencari tahu dalang dibalik pembunuhan istrinya. Namun karena penyakit ingatan jangka pendek yang dideritanya, Leonard harus melakukan segala cara untuk mengingat setiap hal yang telah dia lakukan, seperti menulis catatan, memfoto suatu tempat, atau bahkan mentato tubuhnya.

Sulit membayangkan bagaimana film serumit ini bisa dieksekusi oleh Christopher Nolan yang kala itu baru mengawali karirnya sebagai seorang sutradara.

Ada banyak sekali hal - hal unik dalam film ini, seperti alur ceritanya yang bergerak maju - mundur, tone warna-nya yang dibuat berbeda tergantung dengan alurnya, dan tentu saja ending-nya yang bikin otak kalian berpikir keras. 

Menonton Memento tuh rasanya kayak ngerjain soal matematika, sebab saat berhasil mengetahui jawabannya perasaan puas yang kalian dapatkan sangat sulit untuk dijelaskan.


4. The Mist

The Mist

Seperti judulnya, The Mist menceritakan tentang sebuah kabut misterius yang secara mendadak menutupi seluruh wilayah kota. Tak cukup sampai disitu, kabut misterius tersebut juga membawa makhluk - makhluk berbahaya yang siap memangsa manusia jika mereka berani masuk ke dalam kabut.

Seorang pria bernama David Drayton (Thomas Jane) yang menjadi karakter utama di film ini secara terpaksa harus bertahan di dalam supermarket bersama dengan sekelompok orang lainnya untuk menghindari serangan dari para monster. Namun, semakin lama dia berada di tempat itu, semakin kacau juga situasinya sebab semua orang mulai bertindak anarkis dan saling mementingkan diri sendiri demi bertahan hidup.

Plot utama yang ditawarkan The Mist ini sebenarnya tergolong biasa, sudah banyak film lain yang punya plot serupa. Tapi, yang membuat The Mist ini istimewa yaitu terdapat pada ending-nya yang saya jamin bikin kalian mengeluarkan kata - kata mutiara waktu menontonnya.

Ngenes iya, kasihan iya, goblok juga iya, lengkap deh pokoknya. Kalian tonton sendiri aja filmnya kalo penasaran sama ending-nya.


5. Nightmare Alley

Nightmare Alley

Film ini berkisah tentang Stan Carlisle (Bradley Cooper) yang merupakan seorang pria dengan bakat untuk menjadi seorang manipulator dalam sulap. Namun, seiring waktu berjalan, dia malah menggunakan ilmu tersebut untuk menipu orang - orang kaya dan menguras harta mereka.

Nightmare Alley adalah sebuah cerminan dari roda kehidupan, kadang berada di atas, kadang juga berada di bawah. Kehidupan Stanton Carlisle di film ini pun demikian, ada masa dimana kehidupannya bergelimang harta, tapi nanti ada juga masa dimana dia jatuh miskin.

Ada banyak sekali kejutan - kejutan dalam ceritanya yang bikin nasib dari Stan tidak bisa ditebak. Jadinya emosi kita sebagai penonton kayak dicampur aduk, kadang ngerasa kasihan, tapi kadang juga nyukurin karena dia emang pantes dapetin itu semua.

Menonton film ini rasanya seperti menaiki sebuah roller coaster, sebab waktu nonton kalian benar - benar akan dibuat naik turun sama kisah hidup dari Stan yang penuh dengan plot twist di dalamnya.


6. The Platform

The Platform (El Hoyo)

Hidup di penjara biasa aja sudah gak kebayang susahnya, apalagi kalau hidup di penjara vertikal seperti yang ada di film The Platform. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Goreng (Iván Massagué) yang secara suka rela masuk ke dalam penjara vertikal untuk melakukan riset saja.

Awalnya sih Goreng mengira tempat itu hanyalah penjara seperti biasa, sampai pada akhirnya dia merasakan sendiri bagaimana susahnya mendapatkan makanan di tempat itu.

Tak hanya menyajikan cerita yang seru, The Platform juga memiliki unsur satire yang cerdas mengenai kondisi sosial dalam kehidupan nyata yang memiliki perbedaan yang signifikan antara si kaya dan si miskin.

Nah, di film ini kondisi tersebut digambarkan dengan pembagian jatah makanan yang bakal berbeda - beda bergantung kepada level dari lantai yang para narapidana dapatkan. 

Alur ceritanya yang unik, ditambah dengan beberapa scene sadis di dalamnya membuat The Platform sangat recommended buat kalian saksikan, khususnya jika kalian suka dengan film - film thriller.


7. Us

Us

Us
merupakan sebuah film mystery thriller garapan sutradara Jordan Peele yang rilis pada tahun 2019 lalu. Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang mendapatkan beragam teror mengerikan selama mereka berlibur.

Sinopsisnya terdengar klise, bukan? Tapi jangan salah, begitu kalian nonton film ini, kalian nggak bakal bisa nebak kayak gimana ceritanya bakal berjalan. Film ini memang juara dalam mematahkan ekspektasi para penontonnya, sebab kalian bakal selalu dibikin penasaran mengenai siapa sebenarnya yang meneror keluarga tersebut.

Mystery-nya yang mantep, ceritanya yang oke, wajar jika film ini bisa mengoleksi hampir 80 lebih penghargaan.


8. The Cabin in the Woods

The Cabin in the Woods

Nggak jauh beda dari Us, para karakter di film The Cabin in the Woods ini juga akan mengalami beragam teror aneh selama mereka liburan di sebuah kabin yang letaknya di tengah hutan.

Tapi, yang bikin unik adalah film ini sudah mulai memberikan clue kepada penonton sejak menit - menit awalnya berjalan. Jadi, di menit - menit awal tuh kalian sebenarnya sudah bisa nebak tentang apa yang akan terjadi pada sekelompok pemuda tersebut.

Nah, seperti biasa gong nya akan disimpan di akhir saat nanti misterinya mulai terkuak. Saya nggak akan ngasih tahu terlalu banyak karena nanti jatuhnya malah spoiler. Jadi, kalau kalian penasaran silahkan langsung aja tonton sendiri filmnya. Dijamin seru deh pokoknya!


9. Knives Out

Knives Out

Seorang penulis novel yang kaya raya secara misterius meninggal setelah dia mengadakan reuni bersama keluarga besarnya. Detektif Benoit Blanc (Daniel Craig) pun ditunjuk untuk menangani kasus tersebut guna mencari pelaku sekaligus motif dibalik pembunuhan tersebut.

Film ini memang tampak seperti film detektif pada umumnya. Kalian sebagai penonton dibuat bertanya - tanya siapa yang menjadi pelaku sebenarnya dibalik banyaknya musuh dan motif yang dimiliki oleh tiap karakternya. 

Hal itu juga yang sebenarnya membuat film detektif terasa istimewa di mata saya. Entah bagaimanapun caranya, film ini tahu betul untuk menyamarkan pelaku sebenarnya karena semua orang yang muncul tampak mencurigakan.

Saking suksesnya, Knives Out pun memiliki sebuah sekuel yang rilis di tahun 2022 lalu. Tapi menurut saya sekuelnya tersebut masih tidak bisa mengalahkan keseruan yang tersaji dalam film pertamanya.


10. The Girl with the Dragon Tattoo

The Girl with the Dragon Tattoo

Gimana jadinya kalau kalian disuruh nyari gadis yang udah hilang selama 40 tahun lamanya? Terdengar mustahil, bukan? Namun itulah yang harus dilakukan oleh seorang jurnalis bernama Mikael Bromkvist (Daniel Craig) di film ini untuk membersihkan namanya yang sedang terkena masalah.

Mikael sebenarnya hanyalah seorang jurnalis biasa yang bekerja di sebuah surat kabar tenama. Dia terkenal sebagai seorang investigator handal yang sudah berpengalaman puluhan tahun menangani beragam kasus kontroversial yang membuatnya mendapatkan kepercayaan dari seorang konglomerat kaya untuk menemukan putrinya angkat tersayangnya yang telah lama sekali hilang.

Dengan bantuan seorang hacker yang introvert, Mikael mulai menelusuri setiap petunjuk yang bisa dia temukan untuk menemukan keberadaan gadis tersebut.

The Girl with the Dragon Tatto merupakan sebuah adaptasi dari novel berjudul sama karangan Stieg Larsson yang terbit di tahun 2005. Dan ya, seperti yang sudah kalian duga, kisah dari film ini pun sama berbobotnya dengan novelnya. Apalagi disuguhkan dengan plotnya yang slow burn dan atmospheric, membuat sisi novelnya terlihat cukup dominan.

Seperti mayoritas film detektif lainnya, kalian sebagai penonton pun tidak akan bisa menebak ending-nya dengan mudah. Durasinya yang cukup lama memang terasa membosankan di awal. Tapi percayalah, saat konfliknya memuncak nanti film ini bakal ngasih kejutan - kejutan seru yang nggak bakal bisa kalian lewatkan.

***

Itulah kesepuluh film dengan ending yang tidak bisa ditebak versi saya. Dari 10 film diatas manakah yang menjadi favorit kalian? Beritahu saya jawaban kalian di kolom komentar.

Selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan rekomendasi dan review seputar film atau series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form