Review Tomodachi Game (2022), Definisi dari Game Perusak Pertemanan yang Sesungguhnya

Review Anime Tomodachi Game

Katagiri Yuichi adalah seorang murid SMA biasa yang hidup dalam kemiskinan. Setiap harinya dia bekerja serabutan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, karena sebentar lagi sekolah akan mengadakan tur yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dengan penuh semangat, Yuichi terus - menerus bekerja selepas dia pulang dari sekolah untuk bisa mengikuti tur tersebut bersama dengan teman - teman dekatnya. Mereka adalah Sawaragi Shiho yang merupakan wakil ketua kelas, Mikasa Tenji yang paling pintar di kelas, Shibe Makoto yang berasal dari keluarga kaya, dan Kokorogi Yutori yang imut dan polos. Mereka sangat bangga dengan Yuichi yang rela bekerja ekstra agar bisa mengikuti tur tersebut.

Akan tetapi, di hari menjelang pelaksanaan tur, terdapat sebuah peristiwa yang mengejutkan seisi kelas. Uang yang selama ini telah dikumpulkan secara misterius menghilang tanpa jejak, Shibe dan Shiho yang merupakan ketua dan wakil ketua kelas pun mengaku bersalah karena telah lalai dalam menjaga uang tersebut. Ruang kelas yang pada mulanya damai, sekarang keadaannya mulai ricuh karena mereka saling menuduh satu sama lain.

Yuichi dan teman - temannya pun tak luput dari tuduhan itu, mereka dianggap bersekongkol atas hilangnya uang itu. Keadaan kelas pun mulai tak terkendali.

Malamnya, Yuichi mendapatkan surat misterius dari Shiho yang akan memberitahu sebuah informasi penting atas hilangnya uang perjalanan tur itu. Tetapi, sesampainya di sekolah, Yuichi dan teman - temannya malah dibius dan dibawa ke sebuah ruangan misterius.

Yuichi dan teman - temannya ternyata telah didaftarkan untuk mengikuti "Tomodachi Game" yang akan menguji kualitas dari pertemanan mereka. Di ruangan itu mereka diberi tahu bahwa salah satu dari mereka memiliki utang sebesar 20 juta yen, dan untuk melunasi hutang tersebut, mereka berlima harus menyelesaikan setiap level yang diberikan. 

Semakin banyak level yang diselesaikan, maka akan semakin banyak juga uang yang akan mereka dapatkan. Akan tetapi, jika mereka melanggar aturan yang diberikan, maka utang mereka akan ditambah, bahkan bisa juga dilipat gandakan.

Premis yang diberikan Tomodachi game ini sekilas terlihat sama dengan Squid Game. Para peserta dibawa ke sebuah ruangan misterius untuk menyelesaikan tantangan yang ada. Hadiahnya pun juga sama, yaitu uang dalam jumlah besar. 

Tapi, yang membuat anime ini tampil beda adalah konsep dari permainannya yang lebih menitiberatkan kepada kerja sama dan kepercayaan antar sesama teman. Di anime ini kalian tidak akan menemukan game - game mematikan yang mengancam nyawa, melainkan kalian akan disuguhkan dengan game yang akan merusak hubungan pertemanan Yuichi dengan teman - temannya.

Contohnya saja bisa kalian lihat nanti di episode pertamanya. Di episode tersebut ada sebuah game bernama Kokkuri-san yang mana semua orang diharuskan memiliki jawaban yang sama, kalau jawabannya "A" semuanya juga harus milih "A". Kalau ada satu orang saja yang memilih "B", maka jawaban "B" lah yang akan dipilih sebagai jawaban akhir.

Jika semua jawaban yang dipilih benar, maka mereka semua akan mendapatkan uang dalam jumlah besar. Tapi permainannya tidak akan dibuat semudah itu, karena nanti di setiap pertanyaan ada rules khusus yang sengaja dibuat agar mereka saling menuduh satu sama lain.

Tomodachi Game ini bukan seperti mayoritas anime lainnya yang memiliki cerita yang ringan buat kalian tonton. Justru sebaliknya, anime ini penuh dengan kata - kata ejekan dan umpatan yang tentu saja dikhususkan untuk penonton orang dewasa. 

Rasanya sekarang makin banyak anime yang berani melakukan eksplorasi ke hal - hal kompleks yang dikhususkan untuk penonton dewasa, dan saya sangat menyukai hal tersebut. Udah mulai banyak kok contohnya, yaitu anime seperti Summertime no Rendering, Tomodachi Game, dan Terminator Zero yang baru rilis baru - baru ini.

Oiya, buat kalian yang nanya berapa total episode dari anime Tomodachi Game, sampai saat saya menulis artikel ini animenya baru memiliki 1 season dengan total 12 episode. Ending-nya pun masih nggantung, jadi nggak menutup kemungkinan kalau anime ini bisa lanjut ke season 2.

Belum ada satu pun informasi mengenai kelanjutan animenya, jadi buat kalian yang penasaran sama kelanjutan ceritanya mending baca manganya aja dulu.


SCORE

9/10

Meski awalnya saya sempat ragu dengan animenya, tapi semua keraguan itu langsung sirna setelah saya menonton ke-12 episodenya. Yaa meski sampai sekarang animenya cuma mentok dengan satu season doang, tapi setidaknya dengan satu season tersebut anime ini sudah mampu memaksimalkan seluruh potensinya.

Tomodachi Game berhasil membuat saya yakin bahwa kedepannya makin banyak anime unik yang bakalan muncul. Contohnya yang terbaru Terminator Zero, saya juga udah selesai nonton jadi review-nya paling baru nongol kalau nggak besok ya lusa. 

Pastiin aja buat pantengin terus blog Film Corner biar nggak ketinggalan update mengenai review film atau series lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form