Review Prisoners of the Ghostland (2021), Film Nicholas Cage yang Jauh dari Kata Oke

Review Film Prisoners of the Ghostland (2021)

Peran Nicholas Cage di film Pig masih terbayang di benak saya saat akan menonton Prisoners of the Ghostland. Kukira film ini juga bakal sama memukaunya, tapi ternyata ekspektasi saya itu langsung terpatahkan hanya dalam beberapa menit saja setelah film ini dimulai. Prisoners of the Ghostland sukses menurunkan popularitas Nicholas Cage yang kemarin sudah terlihat sangat memukau di film Pig, sebelum akhirnya jatuh berkeping - keping dengan perannya sebagai Hero di film Prisoners of the Ghostland ini.

Oiya, biar kalian nggak usah baca panjang - panjang buat tau apakah film ini bagus atau nggak, langsung saja saya bilangin saja dari sekarang bahwa film Prisoners of the Ghostland ini sangat jelek. Opini yang cukup pedas memang, tapi mau gimana lagi, ini film udah berhasil bikin saya pusing kepala dari awal sampai akhir.

Prisoners of the Ghostland ini menceritakan tentang perjuangan seorang laki - laki bernama Hero (nama julukan yang diberikan oleh rakyat Ghostland) yang diperankan oleh Nicholas Cage dalam usahanya untuk mencari gadis bernama Bernice yang terdampar di wilayah Ghostland untuk dibawa kembali ke hadapan ayahnya, Governor. 

Sinopsisnya memang terdengar simple, namun percayalah, keseluruhan ceritanya akan terasa lebih simple dari itu, film ini seolah tidak memiliki alur cerita yang jelas, ada banyak sekali momen random yang membuat ceritanya terlihat sangat berantakan.

Film ini benar - benar menampilkan cerita yang dangkal dan sama sekali tidak melakukan pendalaman karakter. Padahal, karakter yang nongol di film ini banyaknya minta ampun, tapi yang mengalami pendalaman karakter hanyalah Hero saja, itupun menurut saya masih kurang karena masih banyak sekali hal yang nggak dijelasin dari karakter utama ini, seperti tentang keluarganya, alasan dia ngerampok bank, dan kenapa Governor milih dia buat nyelamatin anaknya. Yang jelas, Hero ini dulunya perampok bank dan entah gimana dia ketangkep ama Governor terus disuruh buat nyari anaknya yang kabur.

Dikarenakan Hero ini merupakan orang asing, Governor punya caranya sendiri biar Hero bisa ngelakuin tugasnya dengan baik. Jadi, selama menjalankan misinya, Hero bakal memakai kostum yang desainnya sangat wadidaw yang penuh dengan boba berwarna merah berisikan bom di beberapa bagian tubuhnya. Lebih absurd-nya lagi adalah boba merah berisi bom tersebut terletak di bagian tubuh yang random, mulai dari leher, lengan, dan di 2 buah pelirnya, bisa dibayangkan lah gimana ngerinya kalo sampe salah satu bobanya meledak. Kalo masih penasaran gimana bentuk kostumnya nih lihat aja di gambar di bawah:

Nicholas Cage Prisoners of the Ghostland
Kostum Nicholas Cage yang penuh dengan boba, sorry kalau blur gambarnya, sengaja :v

Desain kostumnya yang jelek, udah gitu di sepanjang film kostumnya gak diganti sama sekali. Maka dari itu, siapin saja kesabaran kalian buat ngelihat kostum absurd itu sampe akhir film. 

Sebenarnya, kostum yang wadidaw kayak gitu bakal terlihat wajar jika berada di film dengan genre comedy. Namun, masalahnya Prisoners of the Ghostland ini nggak nyrempet ke comedy sedikitpun, nggak ada tuh adegan yang bikin ketawa, ya walaupun sebenarnya ada sih momen komedi di beberapa bagiannya, tapi sayangnya semuanya garing dan absurd. Salah satu contohnya kayak momen saat Hero memilih buat naik sepeda daripada naik mobil saat mau pergi mencari Bernice, adegan itu mungkin mau dibikin lucu, tapi hasilnya malah gagal total. Nggak ada poinnya aja gitu buat dia milih pakai sepeda, padahal misinya aja nyelamatin anak orang di tempat yang antah berantah tapi dia malah pilih naik sepeda, kan nggak masuk akal sama sekali. 

Contoh lainnya bisa kalian lihat saat momen Hero dan Yasujiro saling berhadapan saat akan bertarung, keduanya saling bertatap muka dan siap untuk menghunuskan pedang untuk saling menumbangkan satu sama lain, pengambilan gambarnya pun dah dibikin mirip banget kayak koboi yang mau duel, kukira bakal ada musik ala western gitu yang berjalan perlahan, terus ada tanaman kering yang lewat, eh yang ada malah suara anjing menggonggong doang tanpa backsound. Kesannya tuh mau ngasih parodi, tapi parodinya nggak ada lucunya sama sekali, yang ada malah garing dan makin bikin film ini nggak nyaman buat dilihat.

Film ini juga nampilin beberapa adegan berdarah yang nggak masuk akal, misalnya saat adegan Bernice memenggal salah seorang samurai yang berusaha buat ngebunuh dia, kan Bernice bisa nebas dia pake pedang di leher, tapi anehnya darahnya tuh jelas banget keluar dari perut, kayak belum rapi aja gitu ngeditnya atau emang sutradaranya yang males take ulang. Walaupun sebenarnya nggak kelihatan jelas juga sih, tapi scene itu cukup mengganggu di mata saya, apalagi sejak awal ini film emang udah kelihatan jelek, jadi semua kejelekannya kayak makin numpuk gitu aja, bikin capek doang dah pokoknya.

Sebenarnya, pengambilan gambar di film ini udah bagus, masih oke lah, tapi kalo absurd gini ya gimana, mau ngarah ke thriller kagak, ke horror juga kagak, ngarah ke action pun masih kurang, saya sendiri sampai bingung ini film sebenarnya masuk genre apa.

Menurut saya sih mungkin ini film diperuntukkan buat orang Jepang, karena sepanjang filmnya emang banyak banget bahasa serta ornamen khas Jepang yang muncul. Mungkin film ini sebenarnya cocok sama selera orang Jepang saya juga nggak tau, yang pasti menurut saya pribadi Prisoners of the Ghostland sangat mengecewakan secara keseluruhan, adanya Nicholas Cage seakan digunakan hanya untuk menambah daya tarik doang, biar setidaknya film ini kelihatan memukau di covernya, padahal aslinya sungguh mengecewakan.


SCORE

3/10

Seluruh skor saya berikan kepada sinematografinya yang bagus, serta adanya Sofia Boutella sebagai Bernice yang enak dipandang, setidaknya ada cewek cakep gitu yang bikin betah buat nonton.

Selebihnya, nggak ada hal lain yang bisa diselamatkan dari film ini, mulai dari ceritanya yang ngawur, konfliknya yang nggak jelas, minimnya pengembangan karakter, semuanya sama jeleknya.


TRAILER


***

Sekian review film Prisoners of the Ghostland (2021) dari saya. Jika ada kritik maupun saran dari kalian, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar film dan serial favorit lainnya.

Terima kasih. 

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form