10 Film Detektif Terbaik, Penuh Misteri dan Teka - Teki

List 10 Film Detektif Terbaik

Detektif memang menjadi salah satu topik yang menarik untuk disajikan ke dalam sebuah film. Pekerjaan seorang detektif yang penuh dengan misteri dan teka - teki membuat kita yang menontonnya selalu dibuat bertanya - tanya mengenai siapa yang menjadi pelaku utamanya.

Tak hanya itu, film bertema detektif juga seringkali disandingkan dengan genre action dan thriller. Jadi tak hanya dibuat mikir sama alurnya, kalian sebagai penonton juga akan dibuat tegang di sepanjang filmnya.

Sensasi itulah yang jarang ditemukan di film lain, sehingga membuat film - film yang bertemakan detektif selalu saja menarik buat kalian saksikan.

Nah, dari banyaknya film detektif yang ada, berikut telah saya rangkum 10 film Detektif Terbaik yang sangat saya rekomendasikan buat kalian. Tanpa berbasa - basi lagi, mari langsung saja kita masuk ke pembahasannya berikut.


1. The Da Vinci Code (2006)

The Da Vinci Code

Film pertama yang masuk dalam list kali ini yaitu The Da Vinci Code. Film garapan sutradara Ron Howard yang rilis di tahun 2006 lalu ini menceritakan tentang seorang ahli simbologi bernama Robert Langdon (Tom Hanks) yang dituduh membunuh Jacques Saunière (Jean-Pierre Marielle) yang merupakan seorang kurator museum dan Grand Master Biarawan Seron.

Untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah, Robert dibantu oleh seorang kriptolog bernama Sophie Neveu (Audrey Tautou) untuk mencari setiap clue yang ada dibalik pembunuhan itu, yang pada ujungnya malah membuat mereka masuk ke dalam sebuah konspirasi besar seputar sejarah yang erat kaitannya dengan agama.

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Dan Brown berjudul sama yang terbit di tahun 2003. Dan sama seperti novelnya yang mendapat banyak pujian, film The Da Vinci Code juga sukses mendapatkan untung besar, meski ada beberapa negara yang melarang penayangan film ini karena isu seputar agama yang ada di dalamnya dianggap terlalu sensitif.


2. Zodiac (2007)

Zodiac

Buat penggemar film detektif, kalian pasti sudah tidak asing dengan film yang satu ini. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan tentang kasus pembunuhan berantai yang disebabkan oleh seseorang yang mengatasnamakan dirinya dengan "Zodiac".

Film ini mengambil sudut pandang dari seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) yang ditugaskan untuk mengungkap identitas asli dari Zodiac yang kian sering dalam melakukan aksinya. 

Dia bahkan sering melayangkan surat ke kantor polisi, seolah mengejek para polisi yang tidak kunjung bisa menangkapnya. Akankah Zodiac berhasil ditangkap dan dikuak identitasnya? Jawabannya akan kalian dapatkan setelah menonton filmnya.


3. Se7en (1995)

Se7en

Sama halnya dengan Zodiac, Se7en juga menjadi salah satu sesepuh film detektif yang sangat wajib buat kalian saksikan. Film yang rilis di tahun 1995 lalu ini mengambil kisah dari seorang detektif muda bernama David Mills (Brad Pitt), bersama dengan seniornya, detektif William Somerset (Morgan Freeman), yang ditugaskan untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang terobsesi dengan tujuh dosa besar umat manusia.

Alur film ini yang sangat intens, ditambah dengan chemistry yang memukau dari Brad Pitt dan Morgan Freeman sebagai karakter utamanya membuat popularitas Se7en tak pernah turun sedikitpun sampai sekarang.

Bahkan, jika dibandingkan dengan mayoritas film detektif yang rilis belakangan ini, Se7en masih tetap menjadi yang teratas. Worth it banget dah pokoknya buat kalian tonton.


4. The Pale Blue Eye (2022)

The Pale Blue Eye

Sedikit berbeda dari tiga film sebelumnya, kali ini film detektifnya lebih terlihat suram dan depresif, sebab sang detektif yang bernama Augustus Landor (Christian Bale) dikisahkan sedang berduka atas kematian anak semata wayangnya tepat sebelum dia ditugaskan untuk menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan.

Tidak mau berlarut - larut dalam kesedihan, detektif Landor pun mencoba menyelesaikan kasus itu dengan cepat, sebelum akhirnya dia menyadari bahwa ada peristiwa besar yang terjadi di balik pembunuhan itu.

The Pale Blue Eye adalah film detektif dengan cerita yang fresh dan menarik, sebab film ini mampu memberikan alur cerita yang sangat mind blowing, apalagi di ending-nya yang bener - bener nggak akan bisa kalian tebak.

Meski paruh awal filmnya terkesan agak boring, tapi semua itu bakal ditutup dengan ending yang sangat memuaskan di akhir.


5. The Girl With the Dragon Tattoo (2011)

The Girl With the Dragon Tattoo

The Girl with the Dragon Tattoo
merupakan film karya sutradara David Fincher yang rilis di tahun 2011 lalu. Film ini menceritakan tentang seorang wartawan bernama Mikael Blomkvist (Daniel Craig) yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus orang yang hilang sejak 40 tahun silam.

Tak hanya karena jarak waktunya yang sudah sangat jauh, minimnya informasi yang bisa didapatkan dari kasus itu juga menjadi kendala bagi Mikael dalam menemukan akar permasalahannya. Dengan dibantu oleh seorang hacker, akankah Mikael berhasil menyelesaikan kasus itu? Jawabannya akan kalian dapatkan di film ini.

Cerita yang diambil dari film ini sebenarnya merupakan adaptasi novel karya Stieg Larsson berjudul sama yang terbit di tahun 2005 lalu. Dan lagi - lagi, film ini ternyata berhasil mendapatkan keuntungan yang besar berkat alur ceritanya yang ciamik didukung dengan kualitas akting dari para pemerannya yang tidak kalah bagusnya.


6. Knives Out (2019)

Knives Out

Masih dengan Daniel Craig yang berperan sebagai detektif, di film ini dia memerankan karakter Benoit Blanc yang ditugaskan untuk menyelesaikan sebuah kasus pembunuhan seorang pria kaya raya bernama Harlan Thrombey (Christopher Plummer). Harlan dengan tragisnya ditemukan meninggal setelah diadakan pesta keluarga di rumahnya, seluruh anggota keluarganya pun secara otomatis menjadi tersangka, mengingat mereka semua memiliki niatan untuk mengincar harta warisan.

Knives Out merupakan film yang bertabur bintang, karena mayoritas karakternya diperankan oleh aktor papan atas semua, mulai dari Chris Evans, Ana de Armas, Edward Norton, Jamie Lee Curtis dan Jaeden Martell, semuanya bisa kalian temukan di film ini.

Dengan banyaknya aktor kelas dunia itu, maka wajar jika film ini mendapatkan banyak sekali perhatian saat dirilis.

Alur ceritanya sebenarnya tidak begitu mengejutkan, hanya saja karena tampilan filmnya yang santai, ditambah dengan akting dari para pemerannya yang bagus membuat Knives Out menjadi salah satu film detektif yang sangat recommended buat kalian tonton.


7. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder

Kali ini kita berpindah dulu sejenak ke Korea Selatan, karena disana ada satu film detektif yang tidak boleh buat kalian lewatkan. Yap, film yang saya maksud adalah Memories of Murder karya sutradara Bong Joon-ho yang dirilis di tahun 2003 silam.

Berlatarkan di sebuah desa yang sangat asri, film ini menceritakan tentang kasus pembunuhan berantai yang mengincar gadis - gadis muda yang ada di desa itu. Dengan terbatasnya akses ke kota, ditambah dengan minimnya perlengkapan yang ada disana membuat kasus pembunuhan ini semakin sulit untuk dipecahkan.

Park Doo-man (Song Kang-ho) adalah anggota kepolisian yang paling awal ditugaskan untuk menyelesaikan kasus tersebut. Namun karena pelakunya tak kunjung ditangkap, dia akhirnya dibantu oleh seorang detektif lain yang didatangkan langsung dari kantor pusat.

Meski keduanya saling berbeda pendapat, mereka berdua terpaksa harus bekerja sama untuk menangkap dalang utama dibalik peristiwa mengerikan itu.

Ceritanya yang menarik, didukung juga dengan unsur komedinya yang pas untuk mencairkan suasana sukses membuat film ini terkenal di banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Saya yakin kalian pasti juga sudah pernah menontonnya jika kalian memang benar - benar penggemar film detektif.


8. Museum (2016)

Museum

Masih tidak jauh dari Korea Selatan, kali ini kita mampir dulu ke negara Jepang, tempat dimana film berjudul Museum ini dirilis di tahun 2016 lalu.

Film yang mengadaptasi dari novel berjudul sama karya Ryosuke Tomoe ini mengisahkan tentang seorang pembunuh bertopeng katak yang selalu menjalankan aksinya di tengah guyuran hujan lebat. Tak hanya membunuh saja, dia juga menuliskan setiap dosa yang telah dilakukan oleh para korbannya, membuatnya terlihat seperti orang yang tidak bersalah.

Detektif Hisashi Sawamura (Shun Oguri) adalah orang yang ditugaskan untuk menangani kasus tersebut, dan saat investigasinya semakin dalam, nyawa orang terdekatnya lah yang semakin terancam.

Museum adalah film detektif dari Jepang yang sangat underrated, sebab film ini memiliki banyak sekali potensi yang berhasil ditampilkan, meski sayang popularitasnya yang masih kalah jauh dari film - film yang lain.


9. A Haunting in Venice (2023)

A Haunting in Venice

Buat pecinta film detektif, kalian pasti kenal dengan karakter fiktif Hercule Poirot. Kepribadiannya yang sangat nyentrik memang sering disandingkan dengan Sherlock Holmes, meski sebenarnya kedua karakter itu memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Nah, dari banyaknya film Hercule Poirot, A Haunting in Venice adalah yang paling saya rekomendasikan. Mengapa? Karena di film ini kalian berhasil melihat perpaduan yang pas antara ilmu deduksi yang sering digunakan oleh para detektif dengan ilmu magis yang erat kaitannya dengan mkhluk halus.

Padahal, hal - hal berbau mistis sangatlah bertentangan dengan keyakinan para detektif. Sama halnya dengan Hercule Poirot di film ini, dia bersikeras untuk tidak mempercayai adanya hantu, meski dia harus menyelidiki sebuah kasus kematian yang berhubungan dengan hal - hal mistis.

Berbeda dari film Hercule Poirot lainnya yang terkesan santai, di film ini kalian akan lebih merasa tegang karena scene - scene horornya bakal sukses bikin kalian merinding saat menontonnya.


10. Gone Girl (2014)

Gone Girl

Film detektif memang sering memiliki plot twist di dalamnya, dan salah satu film dengan plot twist terbaik itu ada di film Gone Girl.

Film karya sutradara David Fincher yang rilis di tahun 2014 ini mengisahkan tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang istrinya secara mendadak hilang tanpa sebab yang jelas. 

Bukannya mendapatkan dukungan untuk mencari istrinya yang hilang, Nick malah mendapatkan banyak tuduhan karena dia dianggap menjadi penyebab utama dari hilangnya sang istri. Nick seolah menjadi satu - satunya orang yang bersalah dalam kasusnya itu, membuat namanya kian di cap buruk oleh para warga.

Permasalahan tidak cukup sampai disitu saja, karena di tengah film nanti ada plot twist yang berhasil mengubah segalanya. Tenang saja, saya nggak bakal jelasin plot twist-nya kok, makanya kalau kalian penasaran mending kalian tonton sendiri aja filmnya, saya jamin nggak bakal nyesel dah pokoknya.

***

Itulah 10 Film Detektif Terbaik yang sangat saya rekomendasikan buat kalian tonton. Kira - kira dari 10 film diatas film mana saja yang sudah pernah kalian tonton? Beritahu saya jawaban kalian di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi film.teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar film atau series lainnya.

Terima kasih. 

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form