Review The Fall of the House of Usher, Horor Pesugihan yang Sadis dan Brutal

Review Series The Fall of the House of Usher

Film horor pesugihan sudah sangat sering ditemukan di Indonesia, lain halnya di negara barat. Disana konsep dark magic seperti pesugihan memang sangat sulit ditemukan, karena memang masyarakatnya sudah tidak lagi mempercayai ilmu klenik. 

Tapi siapa sangka, ternyata topik tersebut bisa dikemas oleh Mike Flanagan menjadi sebuah mini series yang menakutkan sekaligus menegangkan di waktu yang bersamaan. Seperti yang telah kalian lihat di judul, mini series yang saya maksud yaitu The Fall of the House of Usher yang dirilis di Netflix pada 12 Oktober tahun lalu.

Mini series yang terdiri dari 8 episode ini menceritakan tentang kutukan yang diterima oleh keluarga Usher yang sangat kaya raya. Konon kekayaan yang diperoleh keluarga Usher itu berasal dari perjanjian dengan penyihir, dan nyawa seluruh penerus keluarga itulah yang menjadi tumbalnya.

Dari video trailer-nya saja kalian sudah bisa melihat beberapa cuplikan tentang sadisnya kematian dari setiap penerus keluarga Usher ini. Kalian tenang saja, kematian setiap penerus keluarga Usher itu bukan termasuk spoiler, sebab kalian sudah diberitahu kalau seluruh penerus keluarga Usher telah mati sejak di episode satu.

Lah terus inti ceritanya apa dong? Inti cerita dari series ini sepenuhnya akan membahas penyebab dan dari mana kutukan itu berasal. Kalo dibandingin sama series di indo ya mirip - mirip lah kayak Teluh Darah, cuman bedanya di House of Usher ini ceritanya lebih simple dan tidak punya banyak plot twist.

Salah satu hal yang membuat series ini menarik bagi saya adalah konflik dari setiap episodenya yang selalu intens, lengkap dengan bumbu misterinya yang diungkap secara perlahan, membuat saya sebagai penonton ingin terus melihat kelanjutan episodenya.

Begitu tertatanya alur yang disajikan membuat ceritanya lebih mudah dipahami, tanpa sedikitpun menghilangkan genre misteri yang ada di dalamnya, karena sampai akhir episodenya pun kalian dibuat bertanya - tanya tentang alasan dan asal muasal kutukan mengerikan itu bermula.

Kematian dari setiap penerus keluarga Usher itu pun dibuat dengan sangat menyakitkan, seperti tersiram cairan asam, jatuh dari lantai bertingkat, terkena pecahan kaca, yang pasti akan membuat kalian merinding saat menontonnya. 

Masih dengan ciri khas Mike Flanagan, series ini lebih berfokus kepada atmosfernya yang mencekam, jadi kalian nggak usah khawatir soalnya nggak bakal ada banyak jumpscare disini.
 
Mike Flanagan memang selalu berhasil dalam menyuguhkan mini series horor. Karya - karyanya selalu saja berhasil memukau mata, contohnya saja seperti The Haunting of Hill House, The Haunting of Bly Manor, The Midnight Club, dan sekarang The Fall of the House of Usher. Semuanya benar - benar berhasil tampil dengan memuaskan.

8 episode yang ada rasanya malah terlalu cepat saking serunya cerita yang dibawakan di series The Fall of the House of Usher ini. Benar - benar nggak kerasa waktu nonton, tiba - tiba udah end aja. 

Ada banyak sekali keunggulan dari series ini, dan saya harap kedepannya Mike Flanagan bisa memberikan mini series horor yang sama bagusnya dengan ini, atau kalau bisa malah lebih bagus lagi.


SCORE

8/10

Dengan banyaknya potensi yang berhasil dimaksimalkan membuat The Fall of the House of Usher menjadi salah satu series horor yang wajib buat kalian tonton.

Buat kalian nggak terlalu doyan sama film horor pun saya rasa kalian masih bisa menikmatinya, karena series ini punya genre drama dan mystery yang kerasa juga, jadi nggak melulu hanya horor doang.

Dengan episodenya yang hanya berjumlah 8, The Fall of the House of Usher dapat menjadi rekomendasi yang tepat buat mengisi waktu kalian di akhir pekan.


TRAILER


***

Sekian review The Fall of the House of Usher dari saya.

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi film.teh90blog.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar film ataupun series yang lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form