Review Green Book (2019), Film dengan Banyak Pelajaran Hidup

Review Film Green Book

Setiap orang pasti memiliki prinsip dalam hidupnya, dan prinsip itu seringkali sangat sulit untuk diatur bahkan diubah. Begitu juga dengan prinsip yang dipegang oleh Tony (Viggo Mortensen) yang sangat menolak keberadaan orang kulit hitam di lingkungannya.

Pekerjaannya sebagai tukang jaga klub malam semakin menguatkan kepribadiannya yang tak mudah untuk ditumbangkan, begitu pula dengan prinsip hidupnya yang seolah sudah mengakar dalam tubuhnya.

Namun, siapa yang menyangka seluruh prinsipnya itu bisa berubah hanya dalam waktu 3 minggu saja setelah dia mendapatkan pekerjaan dari bos barunya yang merupakan orang kulit hitam.

Yap, Green Book adalah film yang mengajak kita untuk mengetahui betapa kelamnya masalah rasisme yang terjadi di Amerika Serikat, sekaligus memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Film yang disutradarai oleh Peter Farrelly ini dirilis pada 30 Januari 2019. Filmnya menceritakan kisah tentang seorang pria bernama Tony Valelonga yang mendapatkan pekerjaan barunya sebagai sopir pribadi untuk mengantarkan Dr. Donald Shirley (Mahershala Ali) dalam perjalanan tur musiknya.

Tony yang pada awalnya sangat membenci orang kulit hitam harus menurunkan egonya untuk mengantarkan dan memastikan keselamatan dari Dr. Don Shirley selama menjalankan tur musiknya. 

Film ini secara khusus menampilkan perjalanan dari Tony dan Dr. Donald Shirley selama menjalani tur tersebut. Tony yang memiliki sifat yang keras kepala dan sulit diatur malah ditemukan dengan Dr. Donald Shirley yang sangat disiplin dan selalu tenang dalam bertindak.

Interaksi dari kedua kepribadian yang sangat berlawanan itulah yang membuat film ini begitu menarik buat kalian saksikan, sebab di sepanjang filmnya nanti ada banyak sekali hal yang bisa kalian petik untuk menyikapi sebuah perbedaan dan bertoleransi.

Ceritanya yang terinspirasi dari kisah nyata juga semakin membuatnya terasa istimewa, karena dengan begitu kita semua tahu bahwa semua hal yang dilakukan oleh Tony dan Dr. Don Shirley di film ini bisa diterapkan langsung ke dalam kehidupan nyata.

Nama Green Book sendiri diambil dari sebuah buku yang diterima oleh Tony sebelum memulai perjalanannya bersama Dr. Don Shirley. Buku tersebut  menunjukkan list hotel yang aman untuk dikunjungi oleh orang kulit hitam saat sedang melakukan perjalanan jauh.

Buku itu secara tidak langsung menunjukkan bahwa orang kulit hitam mendapatkan diskriminasi yang mengerikan sampai - sampai mereka harus memilih hotel yang sudah dijamin keamanannya.

Green Book memang bukan film action yang penuh dengan adegan baku hantam, film ini lebih fokus ke genre drama dengan cerita yang ringan, tapi setiap fasenya tetap menarik dan membuat kalian terus tertarik untuk melihat ke layar saat menontonnya.


SCORE

9/10

Jangan menilai buku dari covernya. Pepatah itu sangat cocok untuk menggambarkan film yang satu ini, karena meski judul filmnya terlihat meragukan, isi dan cerita yang disuguhkan sangat berkesan di benak para penontonnya.

Green Book adalah bukti nyata dari sikap toleransi yang seharusnya kita terapkan di kehidupan nyata, apalagi di negara +62 ini yang masyarakatnya sangat manjemuk dan beragam.

Pokoknya recommended parah dah ini film, nyesel kalian kalau belum pernah nonton.


TRAILER


Sekian review film Green Book (2019) dari saya. 

Perlu diingat bahwa seluruh isi dari postingan ini hanya berasal dari opini saya pribadi. Oleh karena itu, jika ada dari kalian yang ingin memberikan tambahan silahkan langsung tulis saja di kolom komentar.

Jangan lupa selalu kunjungi blog Film Corner untuk mendapatkan rekomendasi seputar film ataupun series menarik lainnya.

Terima kasih.

Dava

Hanya seorang manusia biasa yang hobi nonton film dan main game

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form